EmitenNews.com - Timnas Indonesia Usia 22 yang menjuarai Sea Games 2023, berhasil menghapus dahaga juara Indonesia. Masuk akal kalau Presiden Joko Widodo memastikan akan memberikan hadiah bagi tim Garuda Muda yang meraih medali emas cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja. Jokowi mengatakan, hadiah diberikan karena Indonesia sudah lama menantikan medali emas SEA Games dari cabang sepak bola yang terakhir kali diraih pada tahun 1991 silam. 

 

"Hadiah nanti dipikirkanlah, tapi kita eri nanti, karena ini betul-betul ditunggu seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun," kata Presiden Jokowi, Selasa (16/5/2023), dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden. 

 

Presiden Jokowi pun memberikan selamat kepada semua pemain dan ofisial yang berhasil membawa pulang medali emas dari Kamboja. Jokowi menyatakan, keberhasilan ini merupakan buah dari kerja keras bertahun-tahun dan kompetisi yang berkesinambungan. Ia juga mengaku sangat senang karena Indonesia berhasil menundukkan tim kuat, Thailand, dengan skor 5-2 pada partai final, Selasa kemarin. 

 

"Mental pemenang, mental juara itu memang kelihatan sekali ada. Main tanpa beban mental, tapi ini kan sudah kita tunggu 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara, 32 tahun kita nunggu," kata Jokowi. 

 

Dari Medan, Sumatera Utara, Presiden Jokowi mentraktir para menteri makan durian sambil nobar, menonton bareng pertandingan sepak bola Sea Games 2023. Jokowi menyaksikan pertandingan final melawan Thailand di rumah dinas wali kota Medan, di sela-sela kunjungan kerjanya di Medan, Sumatera Utara. 

 

Menurut Jokowi, pertandingan itu berjalan dengan luar biasa karena diwarnai banyak gol, bahkan ia ikut "tertipu" ketika wasit meniup peluit yang dikira sebagai tanda pertandingan berakhir. "Teriak-teriak tiap gol, teriak-teriak, lompat-lompat, tadi lihat kan dengan Paspampres, lompat-lompat teriak-teriak. Tadi yang 2-2 tadi, sudah salami semua ternyata masih main, tetapi alhamdulillah, tetap kita syukuri."

 

Momen-momen dramatis

 

Sukses Timnas U-22 Indonesia meraih medali emas sepak bola SEA Games 2023 seusai mengalahkan Thailand diwarnai momen-momen dramatis. Garuda Muda menumbangkan Thailand dengan skor 5-2 seusai melewati laga 120 menit, dalam final di National Olympic Stadium pada Selasa (16/5/2023) malam.

 

Kita ketahui gol-gol kemenangan timnas Indonesia dikemas oleh Ramadhan Sananta (21’, 45+4), Irfan Jauhari (91’), Fajar Fathur Rahman (107’), dan Beckham Putra (120’).