EmitenNews.com - Seperti sudah bisa ditebak sejak awal, Erick Thohir akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Menteri BUMN itu, terpilih dalam Kongres Luar Biasa PSSI (KLB PSSI), di Hotel Shangri-La, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Dalam voting dengan total 86 voter, Erick Thohir dipastikan menang dengan jumlah suara 64. Saingan terdekatnya, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti 22 suara. 

 

Meski begitu kemunculan Erick Thohir dalam bursa pencalonan Ketua Umum PSSI untuk menggantikan Iwan Bule, tidak sepenuhnya mulus. Ia sempat terganjal lewat aturan berkontribusi sebagai anggota PSSI selama lima tahun. Masalah itu langsung beres. Soalnya, Erick Thohir tidak asing di dunia persepakbolaan Indonesia.

 

Erick Thohir pernah berkecimpung di sepak bola Indonesia sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) pada tahun 2009-2019. Erick Thohir tercatat juga pernah menjadi Direktur Keuangan Persija Jakarta pada era 2000-an. Saat ini, Erick Thohir merupakan pemilik saham Persis Solo sejak 2021. 

 

Kongres Luar Biasa PSSI (KLB PSSI) sudah dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, pada Kamis (16/2/2023) pagi WIB. Menpora melakukan pemukulan gong tanda dimulainya KLB PSSI 2023. Zainudin Amali didampingi oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. 

 

Momen menarik terjadi ketika dua calon ketua umum PSSI, La Nyalla Mattaliti dan Erick Thohir, berpelukan di hadapan rekan media dan tamu yang hadir di KLB PSSI. Tak ayal, terdengar teriakan dengan menyebut keduanya: "Ya, keren Pak." 

 

Setelah seremoni, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, atau Iwan Bule, Ketua KOI Raja Sapta Oktohari, dan Ketua KONI Pusat Marciano Norman, memberikan kata sambutan.

 

Dalam sambutannya, Mochamad Iriawan berterima kasih kepada seluruh elemen yang sudah membantu dalam kepengurusannya di PSSI. Ia menyatakan dia sudah melepaskan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI. "Hari ini di dalam forum terhormat, saya Mochamad Iriawan mengakhiri masa bakti sebagai Ketua Umum PSSI."

 

Selain Erick Thohir dan La Nyalla, terdapat dua calon ketua umum PSSI lainnya, yakni Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi. Meski begitu, sejak awal, Erick Thohir yang saat menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran diantar sejumlah selebriti –Raffi Ahmad, Atta Halilintar, dan lainnya– sudah dijagokan banyak kalangan. Dan akhirnya terpilih. ***