EmitenNews.com - BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit menggelar program employee volunteering di Posyandu Bougenville 1 RW 12, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara. Dalam kegiatan tersebut setiap balita yang hadir diberikan bingkisan makanan ringan bergizi. 


”Kegiatan ini adalah program employee volunteering yaitu kegiatan kepedulian karyawan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit kepada masyarakat. Karyawan iuran dengan uang pribadi masing-masing untuk dialokasikan untuk kegiatan sosial,” ujar Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit Tetty Widayantie.


Tetty mengatakan, kegiatan employee volunteering kali ini untuk mendukung kegiatan Posyandu. ”Kegiatan kali ini juga dalam rangka merayakan HUT Ulang Tahun Kota Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni dengan mendukung Gerakan Pasti atau pencegahan stunting,” sebut Tetty. 


Menurut Tetty, dalam kegiatan tersebut hasil iuran seluruh karyawan dijadikan paket bingkisan makanan ringan bergizi untuk. ”Bingkisan berisi konsumsi sehat antara lain susu, roti, dan makanan kecil yang bergizi,” kata Tetty.  


Dikatakan, employee volunteering merupakan kegiatan rutin nasional di seluruh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan se-Indonesia. Ide-ide kegiatan diserahkan kepada masing-masing kantor cabang. 


Tetty mengatakan, dalam kegiatan employee volunteering tersebut sekaligus menggelar kampanye Kerja Keras Bebas Cemas. Yaitu, sosialisasi program sekaligus akuisisi peserta BPJS Ketenagakerjaan di lingkungan RT dan RW. 


Pihaknya meminta seluruh kader posyandu menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu sangat penting karena kader posyandu adalah para pekerja yang harus dilindungi oleh program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. ”Kami mengimbau perangkat RT, RW, dan di bawahnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Alhamdulillah di RW ini sudah sebagian perangkat lembaga kemasyarakatan terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan,” sebut Tetty.


Menurutnya, pihaknya terus menyosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan di mana saja. Tujuannya agar program perlindungan negara tersebut terus meluas di seluruh kalangan pekerja. ”Karena namanya risiko pekerjaan itu dapat terjadi kapan saja dan di mana saja,” ujar Tetty.  


Di lain pihak, Lurah Pejagalan Ichsan Firdaosyi, menyambut baik employee volunteering BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit. Ichsan berharap BPJS Ketenagakerjaan selalu aktif hadir di tengah-tengah masyarakat terutama untuk sosialisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. ”Kami selaku perwakilan pemerintah di tingkat kelurahan juga berkomitmen untuk terus mendorong seluruh pekerja di Pejagalan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Ichsan.


Sementara itu Ketua RW 12 Kelurahan Pejagalan Dadang Sumitra, mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan Pluit hadir memberikan bantuan untuk kegiatan posyandu. ”Alhamdulillah di RW 12 sendiri sudah hampir semua pengurus RT pengurus RW tercover oleh BPJS Ketenagakerjaan. Termasuk petugas kebersihan dan petugas keamanan juga kita daftarkan peserta BPJS Ketenagakerjaan,” cetus Dadang. (*)