EmitenNews.com - PT Catur Sentosa Adiprana (CSAP) meresmikan Superstore Mitra10 ke-44 di Pondok Bambu, Jakarta Timur. Mitra10 Pondok Bambu menempati lahan seluas 7.800 meter persegi (m2) dengan luas bangunan 5.500 m2 termasuk selling area seluas 3.883 m2, dan kawasan pergudangan seluas 1.100 m2.


Superstore itu, ekspansi toko baru ke-3 tahun ini dari target 4 toko baru, dan 1 Remodeling toko. Pemilihan lokasi itu, untuk memperkuat pasar Mitra10 Kawasan Timur Jakarta yang sebelumnya telah ada di Kalimalang, dan Kota Harapan Indah. Jadi, para pelanggan sekitar Kawasan itu, lebih dekat mendapat aneka kebutuhan bahan bangunan, home improvement hingga home appliances dengan murah, lengkap, dan nyaman. 


Pemilihan kawasan timur Jakarta itu, juga tidak lepas dari potensi pengembangan properti. Banyaknya kawasan hunian di daerah sekitar dipandang tepat. Karena Mitra10 menyasar pemilik hunian atau properti sebagai target pasar. Mitra10 Pondok Bambu memperkerjakan 78 karyawan internal, akan menawarkan setidaknya stock keeping unit (SKU) terbagi dalam 13 kategori.


Itu terdiri dari cat dan variannya, porselen atau keramik untuk lantai, dinding, kamar mandi dan dapur, pintu dan jendela, pipa atau plumbing, material bangunan, listrik, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware) hingga perlengkapan rumah tangga (home appliances). 


SKU itu, dipasok kurang lebih 600 produsen. Di mana, tidak kurang 80 persen di antaranya produsen barang lokal atau dalam negeri. Dengan begitu, keberadaan Mitra10 berdampak positif pada pertumbuhan bisnis lokal anak bangsa. Eksistensi Mitra10 selain mendekatkan kepada para pelanggan juga membantu para produsen atau distributor lokal maupun impor untuk berusaha (doing business) di Indonesia. 


Dengan 44 lokasi toko tersebar di kota-kota strategis Indonesia, pemasok mempunyai opsi tambahan distribusi barang dengan memanfaatkan jaringan Mitra10, dan distribusi perseroan. Tanpa harus membuka toko, kantor cabang, maupun gudang di tiap kota sehingga dapat meningkatkan efektifitas biaya. 


Pembukaan toko Mitra10 berbagai kota Indonesia merupakan komitmen berkelanjutan PT Catur Mitra Sejati Sentosa untuk hadir lebih dekat, dan sekaligus menjadi mitra masyarakat dalam merenovasi atau membangun rumah. Pembukaan Mitra10 Pondok Bambu untuk merelokasi Mitra10 Pekayon. ”Jadi, saat ini total kami memiliki menjadi 44 toko pada 25 kota Indonesia. Harapannya, Mitra10 Pondok Bambu menjadi destinasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja bahan bangunan, dan perlengkapan rumah,” tutur Erick Koswara, GM Marketing Communication Mitra10. 


Toko Mitra10 mengawali debut pada 1997 dengan membuka toko perdana di Kalimalang sebagai pioneer Ritel Modern Bahan Bangunan Indonesia. Kini, pada 2022 akan memiliki 45 superstore Mitra10. Kalau dikalkulasi sejak 2009, secara bisnis Mitra10 telah tumbuh 7,2 kali, memiliki area penjualan seluas 147.455 m2, dan menawarkan lebih dari 65.000 SKU secara nasional. 


Mitra10 tumbuh menjadi jaringan ritel modern bahan bangunan & home improvement terbesar Indonesia. ”Setelah pembukaan Mitra10 Pekanbaru, Cibinong, dan Pondok Bambu, perseroan masih akan menambah 1 toko baru pada kuartal keempat tahun ini,” tegas Andy Totong, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana.


Nah, guna memeriahkan dan memanjakan pelanggan setia Mitra10, para pelanggan bisa menikmati berbagai promo menarik saat grand opening. Misalnya, promo tebus murah, promo registrasi keanggotaan Mitra10, diskon khusus kartu kredit bank tertentu hingga crazy price, promo diskon produk khusus grand opening.


Para pelanggan Mitra10 dapat menikmati layanan terbaru, yakni jasa pemasangan atau instalasi pompa air, water heater, cat, wastafel, shower, shower column hingga shower screen. Bahkan pembelian item dengan nilai tertentu bisa menikmati jasa instalasi gratis. Inovasi belanja kebutuhan sehari-hari, dan jasa instalasi merupakan bentuk kepedulian Mitra10 kepada para pelanggan untuk memudahkan memenuhi kebutuhan produk berkualitas dengan mudah. 


Untuk kemudahan berbelanja, produk Mitra10 saat ini juga dapat diperoleh secara online melalui www.mitra10.com, dan platform digiretail dengan Whatsapp Business di nomor +62 87800021010. ”Itu dimungkinkan karena layanan digital Mitra10 berkonsep Omnichannel atau terdiri dari beberapa platform saling terintegrasi,” tegas Medya Ika Ayu, Promotion & Advertising Manager Mitra10.


Per kuartal I-2022, pendapatan secara konsolidasi Catur Sentosa tumbuh 12 persen menjadi Rp3,93 triliun dari periode sama tahun lalu Rp3,51 triliun. Segmen ritel pada triwulan I-2022 melesat 16 persen sebagai motor penggerak secara konsisten tumbuh dua digit, dan memiliki margin lebih besar ketimbang segmen distribusi. Saat ini, kontribusi segmen ritel tercatat 37 persen dari pendapatan konsolidasi, dan egmen distribusi berkontribusi 63 persen. 


Kontribusi segmen ritel modern secara bertahap terus meningkat dari kisaran 20 persen pada 2009 hingga periode 2022 mencapai 37 persen. Kinerja pendapatan solid itu, membuat bottom line membukukan pencapaian positif. Laba bersih melejit 25 persen menjadi Rp79 miliar dibanding periode sama tahun lalu Rp63 miliar. Peningkatan itu, setara pertumbuhan net margin dari 1,81 persen menjadi 2,02 persen pada 2022. 


Idrus H. Widjajakusuma, Corporate Secretary Catur Sentosa menambahkan, berawal dari toko Mitra10 perdana di Kalimalang pada 1997, kini Mitra10 memiliki 44 toko tersebar di kota-kota besar Indonesia. Dengan target 100 Mitra10 pada 2030 akan mengokohkan posisi sebagai jejaring ritel modern bahan bangunan, dan home improvement terbesar Indonesia. (*)