EmitenNews.com - Menjelang tutup tahun 2021, PT Bank Tabungan Negara (BBTN) memacu penyaluran kredit dengan berbagai jurus. Salah satunya, menawarkan program istimewa Kredit Agunan Rumah (KAR) kepada para developer atau pengembang properti. Tawaran itu, istimewa dengan plafon KAR bisa menyentuh Rp10 miliar. 


Program itu, dijadikan andalan Bank BTN untuk mengejar pencapaian target KAR tahun ini dipatok menembus Rp1 triliun. Nah, untuk mendorong pencapaian target itu, perseroan menyasar para developer, khususnya developer masuk kategori loyal. ”Tawaran ini sebagai bentuk apresiasi, dan menjawab kebutuhan developer,” tutur Teguh Wahyudi, Kepala Kantor Wilayah V Bank BTN, di Makassar, Jumat (26/11).


Mitra pengembang menjadi developer prima, memiliki kinerja positif, berkomitmen terhadap kewajiban, dan senantiasa mendukung Bank BTN menyukseskan Program Sejuta Rumah.  Jumlah developer prima Bank BTN di Indonesia mencapai 148 developer. ”Di Makassar ada sekitar 21 developer aktif. Kami yakin program KAR untuk developer ini akan mendapat sambutan baik,” imbuh Teguh.


Sosialisasi program KAR tidak hanya digelar di Makassar tetapi  di kota besar lain macam Jakarta, Bogor, Surabaya, dan Yogyakarta. Pada program itu, Bank BTN memberikan sejumlah promo. Di antaranya 50 persen diskon biaya provisi, administrasi, dan biaya pra realisasi dapat dimasukkan plafond kredit.


Selain developer prima, Bank BTN juga memberi program KAR istimewa bagi para Notaris. Maklum, peran notaris sangat penting untuk kelancaran bisnis Bank BTN. Oleh karena itu, perusahaan juga mengapresiasi notaris layaknya developer prima. Program istimewa itu, salah satu upaya mempererat hubungan Bank BTN dengan para mitra terutama developer, dan Notaris. 


Program itu, dipoles dengan beragam keistimewaan. Misalnya, suku bunga kredit menarik, plafond kredit minimal Rp2 miliar hingga maksimal Rp10 miliar. Tergantung rating developer berdasar penilaian Bank BTN. Nah, syarat dan ketentuan itu, perusahaan memperhatikan cash flow pengembang, loyalitas, dan performa selama ini.


Perseroan berharap animo dari pengajuan KAR Mitra makin meningkat dengan banyaknya program promo. ”Tahun depan kami mematok pencapaian KAR dua kali lipat dari tahun ini dengan penawaran suku bunga makin menarik, program bundling, dan lain sebagainya,” tegas Executive Vice President Non Subsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN Suryanti Agustinar. (*)