EmitenNews.com - Pemerintah terus menggencarkan promosi dan menjaring wisatawan berkualitas dari berbagai negara. Targetnya, Inggris, Prancis, Rusia, Belanda, Jerman, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Malaysia, China, Jepang, Korea Selatan, India, dan Australia. Ini bagian dari kiat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 1,8 juta sampai 3,6 juta tahun 2022.


Dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (18/10/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan pemerintah memiliki waktu tiga bulan lagi untuk menuntaskan target itu. Pada periode Oktober sampai Desember 2022, kata dia, diupayakan dapat mencapai ambang batas tengah dan atas dari target kunjungan wisman 1,8 juta sampai 3,6 juta itu.


Menurut Menteri Sandi, pemerintah juga menyasar negara lain dengan pertimbangan tingkat perekonomian negara, pendapatan penduduk, siklus outbound, ASPA (average spending per arrival) yang bertujuan menggali dan menggarap potensi ceruk pasar yang ada.


Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan target 1,8 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sudah tercapai pada awal September 2022. Itu berarti pemerintah mempunyai waktu tiga bulan lagi, Oktober sampai Desember 2022, agar dapat mencapai ambang batas tengah dan atas dari target kunjungan wisman 1,8 juta sampai 3,6 juta. ***