EmitenNews.com - Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) bakal menjajakan right issue 2.232.846.365 helai alias 2,23 miliar lembar. Pengeluaran saham biasa itu dibalut dengan nilai nominal Rp500. Selanjutnya, harga pelaksanaan akan ditentukan kemudian. 


Seluruh dana hasil right issue, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan digunakan oleh perseroan untuk penambahan modal atas rencana pengembangan usaha, dan entitas usaha berupa setoran modal atau pinjaman kepada anak usaha. Nanti dana tersebut oleh anak usaha dipakai untuk sejumlah keperluan.


Pertama, tentu untuk pengembangan Jalan Tol Wiyoto-Wiyono, dan Kedua, untuk pembangunan Jalan Tol Depok-Antasari Seksi 3 sampai dengan seksi 4. Aksi tersebut klim perseroan akan menggerus kepemilikan saham maksimum 25 persen. Itu terutama bagi pemegang saham atau investor yang tidak mengeksekusi hak sesuai porsi kepemilikan. 


Perseroan berkeyakinan, pelaksanaan right issue akan memperkuat struktur permodalan untuk mendukung rencana pengembangan usaha, dan entitas usaha berupa investasi jalan tol, dan fasilitas pendukung. Dengan begitu, untuk jangka panjang akan mendukung keberlangsungan usaha.


Selain itu, juga akan meningkatkan jumlah saham beredar. Dengan jumlah saham beredar lebih banyak, pada akhirnya akan meningkatkan likuiditas saham perseroan di tengah pelaku pasar. 


Nah, untuk memuluskan rencana itu, perseroan akan meminta persetujuan investor dalam rapat umum pemegang saham tahunan. Rapat akan digeber pada Rabu, 10 Mei 2023 pukul 10.00 WIB. Rapat berlokasi di Gedung Citra Marga, Lantai 3 Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara. Peserta berhak hadir harus tercatat sebagai pemegang saham pada 17 April 2023. (*)