EmitenNews.com - PT PP (PTPP) menuntaskan pembangunan konstruksi lintasan utama Sirkuit Mandalika tepat waktu. Sirkuit Mandalika memakai aspal terbaik dunia. Sirkuit karya terbaik besutan PTPP itu, siap mementaskan ajang World Superbike (WSBK) 19-21 November 2021 mendatang.


Pengerjaan konstruksi lintasan utama Sirkuit Mandalika sesuai standar mutu internasional Federation International de Motorcylism (FIM) dengan kategori sirkuit kelas A. Biasa dan lazim digunakan pada event grand prix. Pengaspalan menerapkan campuran aspal khusus terbaik dunia untuk sirkuit balap yaitu stone mastic asphalt (SMA). 


Saat ini hanya digunakan empat lintasan, salah satunya Sirkuit Mandalika. Menyusul pembangunan Sirkuit Mandalika itu, perseroan ikut berkontribusi meningkatkan ekonomi Indonesia terutama Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). ”Kehadiran sirkuit balap itu, akan meningkatkan daya tarik wisatawan asing, dan domestik untuk berbondong-bondong ke Lombok,” tutur Novel Arsyad, Direktur Utama PTPP, kepada media, Sabtu (13/11). 


Minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah itu sangat tinggi. Kondisi itu, akan berdampak besar bagi sejumlah sektor. Misalnya, meningkatkan pemasukan hotel, penginapan, menggairahkan area komersial, dan restoran. Hasilnya, tentu akan meningkatkan pemasukan perusahaan transportasi baik darat, laut, dan udara.


Berkat kualitas pembangunan, proyek Sirkuit Mandalika merengkuh tiga rekor penghargaan MURI. Meliputi  pengaspalan menggunakan teknologi BIM dengan volume terbanyak, pembangunan sirkuit pertama standar FIM, dan pembangunan lintasan sirkuit tercepat. Lintasan itu, merupakan sirkuit Moto GP pertama Indonesia dengan hasil pengaspalan termulus berkat teknologi terkini. ”Sebagai perusahaan BUMN bidang konstruksi, kami terus memberi legacy terbaik baik bangsa Indonesia. Tidak sekadar membangun sirkuit tetapi juga berdampak maksimal terhadap Indonesia,” imbuhnya.


PTPP begitu bangga bisa berkontribusi dalam pembangunan sirkuit itu, dengan kualitas terbaik. PTPP berharap kehadiran Sirkuit Mandalika akan menarik minat, dan perhatian para pembalap dunia untuk mencoba sirkuit balap terbaik Indonesia tersebut. ”Kami berterima kasih kepada pemerintah telah percaya untuk membangun lintasan utama Sirkuit Mandalika untuk berbagai ajang kelas dunia,” tukasnya.


PTPP akan meningkatkan kualitas hasil pekerjaan, dan terus berinovasi dalam melaksanakan pembangunan proyek di Indonesia. ”Kami berharap, kegiatan WSBK pada 19-21 November mendatang berjalan sukses. Menarik minat para wisatawan domestik, dan internasional sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian Indonesia,” harapnya.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penggunaan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11). Jokowi berkesempatan menjajal sirkuit dengan sepeda motor custom warna hijau kebanggaannya. Dalam video unggahan YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat memakai baju hitam sambil memegang helm ke arah motor balap bertuliskan R1 terparkir di jalur sirkuit.


Sementara di belakang motor Jokowi, ada beberapa sepeda motor ikut menemani saat memerawani Sirkuit Mandalika. Terlihat Menteri BUMN Erick Thohir mengibarkan bendera start di pinggir lintasan. Kala bendera diangkat, Jokowi dengan motornya meluncur mengelilingi lintasan, diikuti sepeda motor lain.


Jokowi menyebut Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer akan menjadi tuan rumah ajang balap WSBK pada 19-21 Nopember 2021, dan MotoGP pada Maret 2022. ”Sirkuit Mandalika memakai aspal terbaru stone mastic asphalt untuk menghelat event dunia,” ucap Jokowi. 


Selain itu, Jokowi juga meresmikan pengoperasian Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) - Mandalika sepanjang 17,3 kilometer. Jalan penghubung Bandara Internasional Lombok dengan kawasan Mandalika telah selesai dibangun. Dengan begitu, jarak tempuh antara bandara dan Mandalika hanya 15 menit. (*)