EmitenNews.com - Keren ini. PT Terang Dunia Internusa (TDI) terus menorehkan kabar baik. Produsen United E-Motor itu, kini bersiap membangun pabrik baterai sendiri. Selain untuk mendukung produk United E-Motor, pabrik ini juga nantinya diharapkan mampu mensupport electric vehicke (EV) lain. Perseroan total dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik, sejalan dengan visi pemerintah.


Dalam keterangannya, Rabu (11/10/2023), Direktur PT TDI Henry Mulyadi menjelaskan, pembangunan pabrik baterai tersebut bagian dari upaya memperkuat infrastruktur untuk mempercepat laju pengembangan EV lokal. Tak hanya pembangunan pabrik baterai, United E-Motor juga melakukan penguatan produk hingga distribusi produk sampai dealer-dealer.


“Kami melihat pemerintah punya visi besar perihal ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, dan sangat sejalan dengan visi kami. Karena itu, kami akan total dalam    akselerasinya,” kata Henry Mulyadi.


Sementara itu, saat melakukan kunjungan kerja ke pabrik United E-Motor di Bogor, Jawa Barat, Asisten Deputi Industri Maritim dan Tranportasi Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, M Firdausi Manti menegaskan, pemerintah sangat gencar dalam mengembangkan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). Khususnya motor listrik.


“Salah satu strategi percepatan yang kami lakukan, memberikan bantuan subsidi senilai Rp7 juta untuk pembelian motor listrik, yang saat ini sudah sangat mudah didapatkan. Hanya perlu KTP. Semua NIK KTP bisa dapat subsidi,” ungkap Firdausi.


Tetapi, dari 200 ribu kuota subsidi yang disiapkan pemerintah, saat ini baru terisi 5 ribu. Karena itu, pemerintah menghimbau seluruh produsen EV makin gencar berpromosi,  untuk mendorong pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik dalam negeri semakin maju.


Saat ini, United E-Motor telah merilis 4 tipe motor listrik yang sesuai kebutuhan masyarakat serta harga yang kompetitif, yang kini telah beredar di pasaran, yaitu TX3000, TX1800, T1800 dan MX1200. Informasi lengkap produk United E-Motor dapat dilihat di www.unitedmotor.co.id. (Eko Hilman). ***