EmitenNews.com - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) menjalankan seluruh rangkaian operasionalnya dengan baik. Bisnis yang dijalankan secara berkelanjutan dan selalu mengimplementasikan praktik terbaik di industri dan standar keberlanjutan tertinggi.


Salah satunya, bekerja sama dengan para pemangku kepentingan yang bersinggungan dengan Perseroan, guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Kali ini SSMS berkolaborasi dengan  PT Ecogreen Oleochemicals. Sebelumnya dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri (APKSM) dalam upaya  mendapatkan sertifikasi RSPO.


Berkaitan dengan mengimplementasikan hal tersebut, pada akhir Maret 2022, SSMS telah  bekerja sama dengan salah satu mitra Perusahaannya yaitu PT Ecogreen Oleochemicals. Kolaborasi ini dikedepankan dalam program pendampingan sertifikasi Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO) pekebun swadaya.


Dalam keterangannya Rabu (30/3/2022), menandai terjalinnya kerja sama tersebut, Head of Sustainability SSMS Henky Satrio W menyampaikan, SSMS sangat menyambut positif kemitraan ini. Menurutnya, ini merupakan pertama kalinya bagi SSMS sebagai industri kelapa sawit bekerja sama dengan buyer dalam program pendampingan sertifikasi pekebun swadaya.


Dengan terjalinnya kerja sama antara SSMS dan Ecogreen, menunjukkan kepercayaan buyer terhadap produk SSMS yang telah menerapkan program traceability atau ketelusuran yang dapat dipertanggungjawabkan. Kemitraan ini merupakan kali kedua bagi SSMS menginisasi pekebun swadaya setelah sukses mendampingi Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri (APKSM) mendapatkan sertifikasi RSPO.


“Kami menyadari pentingnya sertifikasi dan perekaman proses rantai pasokan (traceability), ini menjadi poin penting bagi buyer untuk memastikan ketertelusuran dari produk yang dibelinya. Kemitraan ini kali kedua bagi SSMS menginisiasi pekebun swadaya setelah sukses mendampingi Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri (APKSM) mendapatkan sertifikasi RSPO,” kata Henky Satrio.


Sebelumnya, SSMS bersama Ecogreen telah menjalin hubungan kerja sama sejak tahun 2021 untuk penyediaan produk turunan kelapa sawit, yakni CPKO. Ini merupakan produk dari Pabrik KCP (Kernell Crushing Plant) perusahaan refinery terafiliasi SSMS, yaitu PT Citra Borneo Utama (CBU).


Pada kesempatan yang sama, President Director Ecogreen Oleochemicals Erwin Sutanto menyampaikan terima kasih kepada SSMS karena telah mendukung penyediaan bahan baku untuk produknya. Erwin mengatakan bahwa fokus dari kemitraan ini bagaimana industri sawit dapat menyediakan produk secara berkelanjutan. Terlebih lagi sawit memberi manfaat bagi jutaan pekebun dalam hal peningkatan kesejahteraan hidup.


“Untuk itu sudah menjadi tanggung jawab kita bersama mengedukasi pekebun swadaya agar mereka dapat mengelola kebunnya secara berkelanjutan dan dapat meningkatkan produktivitasnya” katanya.


Dengan dimulainya kerja sama ini, SSMS dan Ecogreen berharap ke depan terjadi peningkatan signifikan bagi pekebun swadaya yang dapat tersertifikasi RSPO. Dan menjadi percontohan bagi kemitraan antara perkebunan sawit dan buyer. ***