EmitenNews.com - Ketahanan air penting untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dalam rangka  menuju Indonesia Emas pada 2045. Ketahanan air merupakan keterpenuhan kebutuhan air yang layak untuk kehidupan dan pembangunan serta terkelolanya risiko yang berkaitan dengan air.

 

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR Yudha Mediawan mengemukakan hal tersebur dalam diskusi "Mewujudkan Kota Ramah Air: Tantangan dan Peluang Perencanaan Infrastruktur Wilayah" yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (11/12/2023).

 

Yudha mengatakan, hal tersebut sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2023 tentang Kebijakan Nasional Sumber Daya Air. Ketahanan air menjadi salah satu landasan dalam meningkatkan keberlanjutan ekonomi dan produktivitas masyarakat Indonesia.

 

Jika air tidak dikelola dengan baik maka akan berdampak negatif terhadap kehidupan. Contohnya, fenomena El Nino yang mengakibatkan kekeringan dan La Nina yang menyebabkan banjir, sehingga dapat menyebabkan kerusakan keanekaragaman hayati.

 

"Karena itu diperlukan upaya untuk mengatasi interkoneksi,melestarikan sumber daya air dan ekosistem perairan secara berkelanjutan," katanya. ***