EmitenNews.com - Pengamanan ajang Pertamina Grand Prix Of Indonesia di Sirkuit Mandalika, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) berlangsung ketat. Ribuan tentara dan polisi memberlakukan pengamanan berlapis ajang MotoGP Mandalika tersebut agar berjalan aman dan lancar. Sukses penyelenggara acara itu, dan penanganan Covid-19 dapat berjalan beriringan.


"Semua akses jalan menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit akan dijaga oleh personel TNI dan Polri," kata Kepala Polres Lombok Tengah, AKBP Hery Cahyono, dalam keterangannya, Kamis (17/3/2022).


Para personel pengamanan ditempatkan di sejumlah akses jalan, dengan menyiapkan sejumlah pos pengamanan untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan balapan motor internasional itu. Semua kendaraan yang keluar dan masuk menuju Sirkuit Mandalika tetap dibatasi supaya tidak menimbulkan kemacetan arus kendaraan di sana.


"Semua personel telah diterjunkan di lapangan. Pemerintah telah menyiapkan kendaraan angkutan ulang-alik bagi penonton ajang MotoGP Mandalika," tambah AKBP Hery Cahyono.


Dandim 1620/Lombok Tengah, Letnan Kolonel Infantri I Putu Tangkas Wiratawan mengatakan, apel pengamanan hari ini untuk menentukan dan menempatkan serta membagi tugas personel di pos-pos pengamanan, baik pengamanan di dalam maupun di luar sirkuit.


Letkol Tangkas menyebutkan, apel pengamanan gabungan hari ini tidak hanya melihat kesiapan dari personel yang akan diterjunkan, namun juga kesiapan sarana dan prasarana. Termasuk strategi yang akan diterapkan ketika pelaksanaan pengamanan MotoGP berlangsung.


Di setiap pos pengamanan, personel tentara dan polisi bertugas sesuai prosedur pelaksanaan baku yang sudah ditentukan. Dandim menyebutkan, ada dua lokasi pengamanan oleh aparat gabungan. Pertama, pengamanan di seputaran Sirkuit Mandalika, meliputi Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan luar Kawasan Ekonomi Khusus serta semua pintu masuk yang menjadi prioritas pengamanan.


Sinergi setiap komponen pelaksana di lapangan, menurut Letkol Tangkas, baik sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan lomba balap motor internasional itu harus selalu terwujud. "Karena saat pengamanan, personel gabungan langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam maupun luar, untuk itu sinergitas harus selalu terjaga di lapangan demi suksesnya ajang Internasional ini."


Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto optimistis kesuksesan penyelenggaraan event internasional MotoGP Mandalika 2022 dan penanganan Covid-19 dapat berjalan beriringan.


"Jangan sampai pelaksanaan event sukses, namun upaya penanganan Covid-19 tidak sukses, ini harus beriringan," kata Suharyanto dikutip dari siaran pers BNPB, Rabu (16/3/2022).


Suharyanto meninjau kesiapan protokol kesehatan di wilayah Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Menurut Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 ini, kesuksesan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 akan menjadi kekuatan bagi Indonesia untuk bangkit dan menata kembali pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata.


Suharyanto menyebut MotoGP Mandalika 2022 menjadi jawaban atas penantian panjang Indonesia selama 25 tahun sebagai tuan rumah dalam ajang balap motor bergengsi skala dunia. Karena itu, BNPB terus konsisten mendukung terselenggaranya MotoGP Mandalika 2022 melalui beberapa upaya.


Seperti pelaksanaan vaksinasi sebagai penguatan kekebalan masyarakat dan pembagian masker secara gratis yang telah dan akan terus dilakukan di Lombok Tengah sejak Jumat (12/3/2022) hingga dua pekan mendatang. Vaksinasi menjadi syarat utama bagi siapapun yang ingin menyaksikan secara langsung MotoGP Mandalika 2022. ***