EmitenNews.com - PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. (KIOS), menyampaikan bahwa pada 29 Desember 2023, telah meningkatkan kepemilikannya di anak usaha PT Retail Kita Indonesia melalui konversi hutang menjadi modal. 

Manajemen KIOS dalam keterangan resmi Jumat (12/7) memaparkan Konversi ini melibatkan 14.000 lembar saham dengan nilai nominal Rp1.000.000 per saham, yang setara dengan nilai transaksi sebesar Rp14.000.000.000 atau 11,86% dari total modal disetor dan ditempatkan PT Retail Kita Indonesia setelah peningkatan modal tersebut.

Dengan adanya konversi ini, kepemilikan saham PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. di PT Retail Kita Indonesia meningkat menjadi 99,9992% dari total modal disetor dan ditempatkan. 

Saat ini, belum ada dampak material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha Perseroan. Namun, ke depan, transaksi ini diharapkan akan berdampak positif pada peningkatan kegiatan bisnis Perseroan.

Perlu dicatat bahwa transaksi ini bukan merupakan Transaksi Material sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK No.17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha, serta bukan merupakan Transaksi Afiliasi sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK No.42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan.

Langkah strategis ini menunjukkan komitmen PT Kioson Komersial Indonesia Tbk. untuk terus mengembangkan bisnisnya di sektor perdagangan online dan teknologi,  tulis manajemen.