EmitenNews.com - Pelayaran Kurnia Lautan Semesta (KLAS) bakal menyalurkan saham bonus Rp60,62 miliar. Itu dengan menggelontorkan saham baru 1,51 miliar eksemplar. Saham bonus tersebut diguyur dengan harga pelaksanaan Rp40. 

Rasio saham bonus ditetapkan 10 banding 7. Artinya, setiap pemegang 10 saham jadul, akan mendapat 7 saham anyar. Aksi itu dilakukan untuk melanjutkan rencana peningkatan volume jasa angkutan laut, dan membangun infrastruktur untuk menunjang kegiatan usaha, dan anak usaha guna memperkuat posisi keuangan dalam mendanai sejumlah kegiatan. 

Mulai perdagangan, pengembangan energi terbarukan, dan pembangunan infrastruktur. Selain itu, pembagian saham bonus dari tambahan modal disetor (Agio), diharap jumlah saham beredar makin meningkat sehingga perdagangan saham menjadi lebih likuid, mengingat saat ini sebagian besar saham perseroan dimiliki investor sebagai portofolio investasi. 

Jumlah, nilai, dan rasio saham bonus itu merupakan asumsi. Untuk kepastian jumlah, nilai, dan rasio saham bonus mengacu pada keputusan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 31 Oktober 2024 mendatang. 

Kalau mendapat restu investor, jadwal saham bonus perseroan menjadi sebagai berikut. Cum date saham bonus pasar reguler dan negosiasi pada 8 November 2024. Ex date saham bonus pasar reguler dan pasar negosiasi pada 11 November 2024. 

Lalu, cum date saham bonus pasar tunai pada 12 November 2024. Kemudian, ex date saham bonus pasar tunai pada 13 November 2024. Daftar pemegang saham berhak atas saham bonus pada 12 November 2024. Pencatatan saham tambahan ke Bursa Efek Indonesia pada 21 November 2024. Dan, distribusi saham bonus pada 29 November 2024. (*)