EmitenNews.com - Pertamina Patra Niaga memperkirakan konsumsi bahan bakar pesawat, avtur, maupun bahan bakar minyak (BBM) bakal meningkat dua kali lipat selama gelaran MotoGP Mandalika. Namun anak perusahaan PT Pertamina ini memastikan stok dan distribusi avtur serta BBM selama gelaran even balap MotoGP 18-20 Maret 2022 aman.


Executive General Manager Patra Niaga Jatimbalinus, Deny Djukardi, menyebut saat perhelatan MotoGP pra musim bulan lalu ada peningkatan konsumsi avtur atau bahan bakar pesawat di Lombok dari rata-rata 28 Kiloliter (KL) menjadi 56 KL per hari atau naik sekitar sekitar 100%.


"Kami memprediksi kenaikan konsumsi saat event MotoGP berlangsung yaitu dari rata-rata 30 KL per hari menjadi 111 KL atau naik lebih dari 300%," jelas Deny seperti dilansir laman Pertamina.


Ia menambahkan, kenaikan konsumsi juga diperkirakan akan terjadi pada BBM untuk kendaraan. "Konsumsi BBM normal harian di Lombok sebesar 878 Kiloliter (KL), saat event motoGP berlangsung diperkirakan akan terjadi kenaikan 10-15% atau di atas 1.000 KL per hari," ungkap Deny.


Sarana dan fasilitas Pertamina di Nusa Tenggara Barat juga telah siap memenuhi kebutuhan energi terutama selama perhelatan motoGP berlangsung.


"Melalui Integrated Terminal BBM & LPG di Kota Mataram dan Depot Pengisian Pesawat Udara di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Pertamina telah siap melayani kebutuhan masyarakat dan konsumen terutama selama perhelatan motoGP berlangsung," pungkas Deny.(fj)