EmitenNews.com - Indonesia harus memanfaatkan potensi ekonomi biru secara berkelanjutan agar bisa menjadi pilar pertumbuhan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Presiden Joko Widodo mengatakan potensi ekonomi biru di Tanah Air sangat besar.

 

"Potensi ekonomi biru sangat besar di negara kita, juga di negara-negara pulau dan kepulauan," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers usai KTT Negara Pulau dan kepulauan (AIS) Forum 2023, di Nusa Dua, Bali, Rabu (11/10/2023).

 

PresidenJokowi menyebutkan, kerja sama di sektor ekonomi biru, harus digerakkan berdasarkan prinsip bahwa laut adalah sumber kehidupan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

 

Berdasarkan perbincangannya dengan banyak pemimpin negara AIS, Jokowi mengatakan kerja sama melalui mekanisme forum tersebut juga harus dijalankan dengan prinsip kesetaraan, solidaritas, dan inklusivitas. Semua pemimpin negara peserta KTT AIS 2023 bersepakat tentang itu.

 

"Negara berkembang dan negara kepulauan memiliki hak yang sama untuk menjadi maju, memiliki hak yang sama untuk melakukan pembangunan," tutur Presiden Jokowi. ***