EmitenNews.com - AT Indonesia (ATI), anak usaha Astra Otoparts (AUTO) mulai menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap (PLTS Atap) atau panel surya. Itu dilakukan dengan menerapkan proses produksi lebih ramah lingkungan. Tindakan joint venture antara Astra Otoparts dengan Aisin Takaoka Co., Ltd itu, untuk mendukung program pemerintah mengurangi emisi karbon. 


Komitmen itu, diwujudkan dengan peresmian panel surya berkapasitas 3 Mega Watt peak (MWp) bersama Energia Prima Nusantara (EPN), di Karawang, Kamis, 14 Desember 2023. Peresmian panel surya dilakukan Presiden Direktur AT Indonesia Isao Hida, Wakil Presiden Direktur AT Indonesia Ageng Setiawan, dan Direktur Pengembangan Bisnis EPN Achmad Rizal Roesindrawan.


Acara itu juga langsung disaksikan Manajer Manajemen Bisnis dan Produk Pelayanan Ketenagalistrikan PLN Icon Plus Bramanta Pradana. Proses perjalanan instalasi PLTS Atap itu, EPN dan PLN Icon Plus telah melakukan kerja sama dalam hal kemudahan perizinan penggunaan PLTS Atap untuk sektor industri.


Pemasangan panel surya pabrik Karawang merupakan perwujudan komitmen AT Indonesia mengakselerasi pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT). ”Kami bersyukur dapat menerapkan panel surya secara bertahap di fasilitas pabrik AT Indonesia. Ini wujud pemanfaatan energi lebih bersih, berkelanjutan, dan bentuk komitmen menjaga kelestarian lingkungan selaras dengan tujuan perusahaan dalam Carbon Neutral,” tukas Isao Hida.


ATI berharap kerja sama pemasangan panel surya dengan EPN juga dapat meningkatkan sinergi, dan kolaborasi positif pada lintas industri khususnya sektor otomotif. Sekaligus menjaga hubungan harmonis dengan lingkungan demi generasi masa depan Indonesia lebih baik dengan peningkatan pasokan sumber EBT berkelanjutan Indonesia. 


“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada ATI telah mempercayakan proyek ini kepada kami. PLTS Atap ini akan menghasilkan 3,4 juta kWh listrik dari sumber energi terbarukan yang akan dinikmati ATI, dan akan menyumbang pengurangan emisi CO2 sampai 2.972 ton CO2 per tahun,” tegas Achmad Rizal. (*)