EmitenNews.com - Menempuh kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK) Adamas Belva Syah Devara mengaku gagal memprediksi serta mengantisipasi situasi ekonomi yang berkembang cepat. CEO and Co-Founder of Ruangguru itu, meminta maaf telah melakukan pemecatan ratusan karyawannya. Dia menjabarkan panjang lebar alasan efisiensi yang berujung pemangkasan karyawan tersebut. Bagi yang terkena PHK Ruangguru memastikan akan mendapat hak-haknya sesuai aturan perundang-undangan.


"Kemarin kami mengumumkan keputusan terberat yang harus kami ambil. Dengan berat hati, Ruangguru harus berpisah dengan ratusan anggota tim terbaiknya melalui pemutusan hubungan kerja," kata Belva Devara dalam unggahan di akun resmi Instagram, seperti dikutip Minggu (20/11/2022).


Belva Devara menjabarkan alasan efisiensi, berkaitan dengan situasi global, yang akhirnya berujung pemangkasan karyawan tersebut, seraya memohon maaf. Ia meminta maaf atas kegagalan dalam memprediksi dan mengantisipasi situasi ekonomi yang berkembang cepat.


"Kami mengerti bahwa banyak perasaan marah, sedih, dan kecewa atas hal ini maupun terhadap kami secara personal, dan untuk hal tersebut, kami terima dan kami meminta maaf," katanya.


Kepada karyawan yang masih bersama Ruangguru, Belva Devara mengajak mereka agar tetap optimistis menghadapi perkembangan ke depan. Ia mengungkapkan rencana bisnis startup teknologi pendidikan tersebut.


"Kami tetap sangat optimistis dengan prospek dan posisi unik yang dimiliki oleh Ruangguru di sektor teknologi pendidikan di Indonesia," katanya.


Dengan perkembangan yang ada, Belva Devara mengatakan, Ruangguru masih jadi platform belajar online terbesar. Ia berjanji akan terus melakukan berbagai inovasi pascapandemi Covid-19, di antaranya fokus pada hybrid learning dan pembukaan 100+ learning centers di Indonesia.


“Kami yakin dengan terus bekerja secara efektif dan efisien, kita akan keluar dari tantangan ekonomi global ini lebih kuat dan tangguh dari sebelumnya," katanya.


Dalam unggahan tertanda nama Belva dan Iman tersebut, Belva Devara mengungkapkan, karyawan yang terkena PHK akan memperoleh pesangon, penghargaan masa kerja dan penggantian hak sesuai Undang-undang (UU).


"Perpanjangan asuransi dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh. Kami pun mengalokasikan tim rekruter Ruangguru khusus untuk memberikan dukungan pencarian pekerjaan, konsultasi psikologis, dan akses kelas pengembangan karir jika dibutuhkan," katanya. ***