EmitenNews.Com - Lukisan ‘Game Changer’ oleh seniman misterius Banksy telah menetapkan rekor baru untuk seniman tersebut dengan terjual seharga 16,7 juta Pounds atau 335 miliar rupiah di rumah lelang Christie pada Hari Refleksi Nasional (23/3) di London, Inggris.


Karya tersebut terjual lebih dari empat kali lipat dari perkiraan tertinggi Banksy sebesar 3,5 juta Pounds dan hampir dua kali lipat rekor penjualan sebelumnya, "Parlemen Devolved" - lukisan simpanse di House of Commons - seharga 9,9 juta Pounds di Sotheby's pada tahun 2019.


Mengutip akun media sosial @Christiesinc, hasil penjualan akan digunakan untuk mendukung organisasi kesehatan dan badan amal di seluruh Inggris melalui peningkatan perawatan dan pengobatan yang diberikan oleh program layanan kesehatan Inggris (NHS).


Kepala Divisi Seni Kontemporer dan Pasca perang Eropa di rumah lelang Christie, Katherine Arnold menjelaskan Game Changer karya Banksy merupakan penghargaan untuk semua orang yang sedang berjuang di dunia dan direfleksikan sebagai simbol kekuatan dan harapan.


"Game Changer adalah penghargaan universal untuk semua orang yang berjuang di seluruh dunia di garis depan krisis ini. Di saat kita berani berharap sekali lagi, dan melihat kehidupan di luar pandemi, penting untuk merefleksikan banyak simbol kekuatan dan harapan yang telah kita lihat secara internasional sejak awal tahun 2020,” ucap Katharine.


Game Changer disumbangkan ke University Hospital Southampton (UHS) pada Mei 2020 sebagai ucapan terima kasih kepada staf selama gelombang pertama pandemi Covid-19.


"Terima kasih untuk semua yang Anda lakukan. Saya harap ini sedikit mencerahkan tempat itu, meskipun hanya hitam dan putih,” tulisnya.


Game Changer merupakan lukisan monokrom yang menggambarkan seorang anak laki-laki mengenakan dungaree terlihat bermain dengan perawat yang memakai masker dan jubah menggantikan pahlawan super Batman dan Spiderman yang tergeletak di keranjang.


Satu-satunya warna dalam potongan itu dapat dilihat dalam kilatan merah pada celemek perawat yang menandai Palang Merah pelayanan kesehatan. (LW)