EmitenNews.com - PT Semen Indonesia (SMGR) memfasilitasi pinjaman entitas usaha senilai Rp18,43 miliar. Pinjaman dari pemegang saham itu, mengucuri PT Semen Indonesia Aceh. Bunga pinjaman itu, ditetapkan 6,44 persen per tahun.


”Peminjam wajib membayar secara penuh bunga pada tanggal jatuh tempo Fasilitas pinjaman dengan tanggal terakhir pembayaran seluruh jumlah pinjaman pada 31 Desember 2024,” tulis Vita Mahreyni, Corporate Secretary Semen Indonesia.


Pemberian pinjaman itu, bukan termasuk transaksi material. Tersebab nilai pinjaman hanya 0,0005 persen dari total ekuitas Semen Indonesia per 31 Desember 2021. Merujuk laporan keuangan telah diaudit, total ekuitas Semen Indonesia pada akhir tahun lalu mencapai Rp39,78 triliun.


Transaksi itu, masuk ranah afiliasi karena Semen Indonesia Aceh, entitas usaha Semen Indonesia dengan porsi kepemilikan saham 52,28 persen. ”Pinjaman pemegang saham dilakukan untuk pengamanan aset lahan, dan menghindari pengurangan nilai atas aset yang tidak diperpanjang hak pakai atas lahan, dan memenuhi kebutuhan modal kerja,” imbuh Vita.


Menyusul pinjaman pemegang saham itu, anak usaha diharap dapat memaksimalkan usaha, dan akan memberi nilai tambah bagi Semen Indonesia sebagai pemegang saham. Selain itu, pinjaman itu bagian kegiatan sentralisasi pendanaan untuk efisiensi, dan optimalisasi working capital dalam grup. Itu diharap bisa memberi nilai tambah bagi Semen Indonesia, para pemegang saham, dan seluruh pemangku kepentingan. (*)