EmitenNews.com - Masih ingat Aprilia Manganang? Perempuan atlet bola voli nasional ini, sukses menjalani operasi medis untuk memperjelas identitasnya sebagai pria sejati. Kini, anggota TNI AD itu, dengan nama baru Aprilio Perkasa Manganang siap menjalani hidup baru sebagai suami dari seorang perempuan cantik. Ia telah melamar Claudia, calon ibu dari anak-anaknya, pada Sabtu (22/1/2022), di Manado, Sulawesi Utara.


Aprilio Manganang mengunggah fotonya dalam balutan seragam dinas TNI AD, bersama sang kekasih yang memakai baju persit. Persit adalah singkatan Persatuan Istri Prajurit Kartika Chandra Kirana, wadah organisasi para istri anggota TNI AD.


"Forget who hurt you yesterday, but don't forget who loves you tenderly today and forever." Demikian tulisan Aprilio Manganang sebagai keterangan fotonya yang diunggah ke akun Instagram @manganang92, seperti dikutip Sabtu (10/9/2022).


Aprilio Manganang melamar kekasihnya Claudya pada Sabtu (22/1/2022) di Manado, Sulawesi Utara. Sosok Manganang sempat viral karena kelainan medis yang disebut hipospadia. Mantan atlet voli putri itu dulu diidentifikasi sebagai wanita, namun sebenarnya Aprilio Manganang adalah seorang laki-laki.


Difasilitasi KSAD Jenderal Andika Perkasa (kini Panglima TNI) dan istri, Aprilia Manganang yang mengalami kelainan medis yang disebut hipospadia, menjadi operasi untuk memperjelas gendernya. Dikenal luas sebagai perempuan, tetapi sesungguhnya dalam tubuhnya bersemayam jiwa, dan semangat seorang laki-laki.


Pada Februari 2021, Aprilia Manganang menjalani operasi bedah korektif tahap pertama, lalu tahap kedua Agustus 2021, di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Dengan nama baru Aprilio Perkasa Manganang ia juga telah melakukan pergantian identitas yang ditetapkan dalam sidang perdata di Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara pada 19 Maret 2021. ***