Kegiatan race pack collection di kawasan Bali United Training Center, juga akan diisi dengan acara hiburan dan kegiatan promosi Maybank Indonesia dan mitra sponsor layaknya kegiatan race pack collection Maybank Marathon sebelumnya.

 

Mempertimbangkan tingginya antusiasme peserta Maybank Marathon tahun lalu, Maybank Marathon 2024 memberlakukan mekanisme drawing pada proses registrasi peserta. Proses drawing dilakukan secara otomatis serta independen menggunakan machine drawing sehingga adil bagi para peserta yang akan terpilih mengikuti lomba. 

 

“Mekanisme drawing ini bukan hal baru, bahkan sudah sukses diterapkan pada enam event World Marathon Majors dengan animo peserta yang tinggi setiap tahunnya,” tambah Taswin.

 

Project Director Maybank Marathon Widya Permana menyampaikan bahwa panitia telah melakukan serangkaian persiapan teknis untuk menyelenggarakan Maybank Marathon 2024 di lokasi baru, termasuk persiapan infrastruktur.

 

Widya menegaskan, Maybank Marathon yang dijuluki sebagai ‘lebaran’-nya pelari perlu membangun inklusi guna merangkul aspirasi dan keberagaman profil pelari. “Menginjak tahun ke-13 penyelenggaraan Maybank Marathon, kami memiliki suguhan yang membedakan antara penyelenggaraan Maybank Marathon tahun ini dengan sebelumnya maupun di antara event-event lari lainnya di Indonesia.”

 

Inklusi tersebut diwujudkan melalui program Special Entries yang dapat diikuti peserta khusus kategori Marathon (42,195 km). Untuk peserta kategori Marathon yang ingin berlari dengan misi sosial dapat mengikuti program Run for Charity, atau pelari Marathon dengan kualifikasi lari cepat dapat mengikuti program Indonesia Fast Marathoner. Para peserta Marathon yang memenuhi syarat untuk mengikuti program Special Entries tersebut dapat melakukan pendaftaran melalui situs resmi Maybank Marathon pada April mendatang. 

 

Menyusul suksesnya program sister marathon Maybank Marathon dan Bangsaen Marathon pada Maybank Marathon 2023, peserta Maybank Marathon 2024 yang eligible juga dapat mengikuti program pertukaran pelari Indonesia dan Thailand tersebut.

 

Inisiatif Keberlanjutan

Ajang Maybank Marathon 2024 akan mengintegrasikan kegiatan keberlanjutan dengan memberikan kesempatan kepada peserta berpartisipasi pada program carbon offset dalam rangka mengurangi emisi selama mengikuti event. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk menggunakan reusable silicone cup dan paper cup sebagai alternatif untuk mengurangi konsumsi plastik, serta program pengelolaan sampah yang akan dilaksanakan selama event berlangsung.