EmitenNews.com - Medco Energi (MEDC) mengeksekusi transaksi afiliasi senilai USD480,18 juta. Fasilitas didapat perseroan dari anak usaha yaitu Medco Energi Global Pte Ltd (MEG). Di mana, MEG menarik pinjaman dari Medco Maple Tree Pte Ltd (MMT). 


Sumber dana pinjaman itu, dari penerbitan surat utang senior terbitan MMT sejumlah USD500 juta. Obligasi senior itu, dibalut dengan tingkat bunga 8,96 persen. Senior notes tersebut dijadwalkan akan jatuh tempo pada 2029 mendatang. 


Tujuan dari perjanjian pinjaman Perseroan – MEG, dan perjanjian pinjaman MEG – MMT untuk mengalirkan dana yang diterima dari surat utang 2029 untuk kebutuhan masing-masing perusahaan. Transaksi tidak berdampak negatif karena melibatkan pihak terafiliasi. 


Jatuh tempo pinjaman itu, akan ditentukan kemudian hari kala perseroan menyampaikan pinjaman kepada MEG. Kalau tidak melakukan pembayaran pinjaman pada tanggal jatuh tempo, perseroan wajib membayar bunga cidera janji kepada MEG yang akan ditentukan dikemudian hari ketika Perseroan menyampaikan permohonan pinjaman kepada MEG.


Setiap pinjaman harus digunakan secara eksklusif oleh perseroan untuk antara lain, melakukan tender, membiayai kembali atau membayar kembali utang perseroan yang ada saat ini atau mengganti fasilitasi committed yang belum ditarik. Itu juga berlaku untuk pinjaman antara MEG dan MMT. (*)