EmitenNews.com - Medco Energi (MEDC) menuntaskan tender tunai surat utang USD150 juta. Itu untuk pembelian kembali USD100 juta via Medco Oak Tree Pte. Ltd. Dan, USD50 juta melalui Medco Bell Pte. Ltd.

Surat utang senior terbitan Medco Oak Tree senilai USD100 juta dibalut bunga 7,375 persen. Surat utang itu, berdasar skenario akan jatuh tempo pada 2026 mendatang. Lalu, surat utang USD50 juta besutan Medco Bell diselimuti bunga 6,375 persen dengan jatuh tempo 2027.

Penyelesaian tender itu, tidak termasuk bunga terakumulasi yang berlaku. Medco Oak Tree, dan Medco Bell merupakan anak perusahaan dengan status kepemilikan secara tidak langsung. ”Transaksi telah dilakukan pada 21 Oktober 2024,” tegas Siendy K. Wisandana, Corporate Secretary Medco Energy.

Surat utang 2026, dan surat utang 2027 dijamin secara tanpa syarat, dan tidak dapat ditarik kembali oleh perseroan, dan beberapa anak perusahaan. Transaksi itu, tidak berdampak negatif terhadap perseroan. Baik dari sisi operasional, hukum, kondisi keuangan, dan kelangsungan usaha perseroan.

”Pastinya, penyelesaian atas penawaran tender tersebut mengurangi kewajiban keuangan perseroan secara konsolidasi. Dan, kegiatan operasional perseroan berjalan normal seperti biasanya,” imbuh Siendy. (*)