EmitenNews.com - Habitat for Humanity Indonesia bersama Amazon Web Services (AWS) menggelar inagurasi program CSR 2023 di Karawang, Jawa Barat (Jabar). Itu sebagai bagian dari komitmen pengembangan masyarakat. AWS melalui program InCommunities selalu berusaha menjadi bagian, dan terintegrasi dengan komunitas masyarakat pada setiap lokasi operasional AWS. 


Itu dilakukan seiring program sebelumnya telah berdampak sangat positif bagi masyarakat Karawang. Kini, AWS melanjutkan komitmen, khususnya pada program-program kesehatan, pendidikan, pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan kesejahteraan, dan pengelolaan lingkungan. 


Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia mengapresiasi komitmen besar AWS pengembangan masyarakat Karawang. ”Dampak positif proyek CSR AWS terbukti nyata. Masyarakat dulunya sulit memperoleh air bersih kini mendapat air bersih dengan mudah. Lingkungan juga lebih bersih, dan sehat sekarang,” tutur Susanto pada Inagurasi program CSR 2023 Habitat for Humanity Indonesia bersama Amazon Web Services (AWS) di Karawang, belum lama ini.


Pelatihan AWS juga telah membantu masyarakat berkembang seluruh bidang. Baik itu kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Salah satunya pelatihan UMKM, masyarakat kini lebih mengerti mengelola bisnis, dan keuangan. ”Kami berharap hal tersebut dapat meningkatkan penghasilan masyarakat ke depan,” harap Susanto.


Sejak 2022, Habitat for Humanity Indonesia dan AWS telah menuntaskan berbagai program pengembangan masyarakat Karawang berupa pembangunan empat Posyandu, satu Pustu, satu Puskesos, satu Puskesmas, satu ruang ramah anak, dua unit sarana air bersih, lima bedah warung UMKM, dan satu unit tempat pemilahan sampah. 


Peningkatan kapasitas masyarakat juga dilakukan dengan pemberian pelatihan kepada 30 UMKM, pelatihan pengelolaan sarana air bersih kepada 30 komite pengelola, dan pelatihan mitigasi bencana di 10 desa. Pembagian alat pendukung usaha kepada 3 UMKM, dan penyediaan kendaraan pengangkut sampah juga turut dilakukan. Seluruh program itu, telah menyasar tujuh desa, yaitu Desa Kutamekar, Kutapohaci, Mulyasari, Margakaya, Margamulya, Wanakerta, dan Tegalega, menjangkau lebih dari 5.000 penerima manfaat.


AWS berharap, ketersediaan fasilitas pelayanan publik tersebut memudahkan masyarakat Karawang mendapat hak dasar pelayanan. Itu penting agar derajat kesehatan maupun kesejahteraan warga meningkat secara luas, dan menyeluruh. ”AWS memiliki komitmen sangat luar biasa, betul-betul memberi bukti nyata. Meski belum terlalu lama di Karawang, tapi dampaknya langsung dirasakan masyarakat,” puji Aep Syaepuloh, Wakil Bupati Kabupaten Karawang.


Aep mengatakan pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu), masyarakat lebih mudah mendapat pelayanan kesehatan. Aep juga mengapresiasi pelatihan mitigasi, dan pelatihan UMKM yang diberikan AWS. “Ciampel ini daerah rawan bencana, dan kawasan industri. Kami berharap ke depan terus memberi bukti nyata bagi masyarakat Karawang,” tukasnya.


Bersama Habitat, AWS terus menjalankan program langsung bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat Karawang. Nah, peresmian program CSR AWS 2023 diramaikan dengan bazaar UMKM ikut tampil menjual barang produksi. “Tidak menyangka dibantu AWS, dan Habitat. Jadi, lebih semangat melanjutkan usaha. Semoga ke depan omset bisa lebih meningkat,” harap Hani Siti, penerima manfaat warung. (*)