EmitenNews.com—PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) menandatangani kontrak kerja dagang dengan mitra  buyer  dari lima negara senilai USD 2 juta atau setara Rp 31,13 miliar (Kurs, Rp 15.567). Kelima negara yang berhasil digaet emiten kosmetik tersebut yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Australia, Jepang, dan Amerika Serikat.


Kontrak kerja dagang diteken langsung Presiden Direktur Mustika Ratu (MRAT) Bingar Egidius Situmorang bersama perwakilan mitra  buyer  asal Australia. Dalam kesempatan itu, hadir menyaksikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Perwakilan KADIN Indonesia, Direktur PT Mustika Ratu Tbk Kusuma Ida Anjani dan Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire di Main Stage, Trade Expo Indonesia 2022, Sabtu lalu.


Menurut Egidius, keberhasilan perseroan mengekspansi pasar Jepang pada Juli lalu telah berdampak positif bukan hanya bagi konsumen asal Jepang, tetapi juga bagi konsumen dari negara-negara lain. Pasalnya, antusiasme pasar Jepang terhadap Jamu  Ready-to-Drink  (RTD) telah mendorong pihak lokal untuk memperkenalkan lebih jauh keunggulan Jamu produksi Mustika Ratu.


"Keberhasilan ekspor ke Jepang menjadi jalan pembuka bagi negara tujuan ekspor baru lainnya," ucap Egi dalam keterangan resminya, Senin (24/10/2022).


Pria yang dekat disapa Egi ini menyebut bahwa tahun ini perseroan berhasil menambah negara tujuan ekspor baru untuk produk Jamu dan  Personal Care. Prestasi itu, kata dia, menunjukkan bahwa produk MRAT yang berbasis kearifan lokal dan alami Indonesia dapat diterima pasar internasional.


Terbukti, sepanjang Januari hingga Agustus 2022, perseroan menerima banyak penawaran kerja sama ekspor. Adapun produk-produk yang diminati konsumen pasar internasional di antaranya produk kategori  Personal Care  dan  Herb Supplement .


Selain ekspansif menambah negara destinasi ekspor baru, negara tujuan ekspor  eksisting  seperti Nigeria juga melakukan  re-dealing  untuk produk Jamu supplement. Jamu  supplement  produksi perseroan banyak diminati konsumen Nigeria khususnya jamu untuk kesehatan wanita.


Secara keseluruhan, selama periode Januari sampai Agustus 2022, MRAT tercatat menerima permintaan ekspor dari Arab Saudi, Jepang, Amerika Serikat, UAE, Australia, Singapura, dan Korea Selatan. Negara peminat produk Jamu RTD di antaranya Jepang, Australia, dan Amerika Serikat. Sedangkan peminat produk Personal Care berasal dari Korea Selatan, Singapura, dan UAE.


Saat ini, Mustika Ratu telah memperluas pasarnya hingga Eropa, Asia, Asia Tenggara, Australia, Afrika, Amerika Selatan, dan cabang di Malaysia. Khusus untuk pasar Middle East dengan market produk Halal, perseroan ekspansi di Saudi Arabia, Oman, Iraq, Libya, Bahrain dan UAE.


Sehubungan dengan meningkatnya permintaan ekspor tersebut, terhitung sejak 2021 sampai Oktober 2022 jumlah negara ekspor mengalami pertumbuhan sebesar 61 % dari semula 21 negara menjadi 34 negara.


Bahkan, saat ini sekitar 200  Stock Keeping  Unit (SKU) produk yang diekspor ke mancanegara dengan kategori  Personal Care  berkontribusi sebesar 65%, Kosmetik 0,5 %,  Herb Supplement  23%, dan  Beverage  12%.