EmitenNews.com - Pemerintah menambah sehari libur saat Natal tahun depan. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan Natal tahun 2023 akan ada penambahan cuti bersama. Dengan begitu pemerintah meluruskan soal libur tanggal 26 Desember 2022, yang dinyatakan batal. Tambahan libur perayaan Natal itu baru berlaku tahun 2023.


"Jadi tanggal 26 nya itu bukan tahun ini, tetapi tahun depan, 2023. Kemarin kan baru kita putuskan bahwa tahun depan itu ada tambahan untuk natal tambahan 1 hari untuk libur bersama. Tahun ini belum," kata Muhadjir Effendy kepada wartawan di Malang, Jawa Timur, seperti dikutip Sabtu (17/12/2022).


Menko Muhadjir Effendy mengaku telah berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk kesiapan menyambut libur panjang natal dan tahun baru 2023. Di antaranya, dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Menteri Agama. Yang berkaitan dengan ibadah terutama untuk umat Kristiani, berkoordinasi dengan Menteri Agama. Untuk Menparekraf berkoordinasi dalam penyiapan destinasi wisata, terutama perayaan tahun baru sama event.


Berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang mulai melandai, Menko Muhadjir menyebutkan, pihaknya memberikan kebebasan kepada seluruh masyarakat tanpa ada pembatasan, terutama event-event untuk perayaan pada natal 2022 dan tahun baru 2023. Sebab, kasus Covid-19 sudah rendah. Namun, pemerintah tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Terutama agar memakai masker, dan tetap vaksin.


"Kita percaya dirilah untuk perayaan natal dan tahun baru tahun 2022-2023 ini akan kita lakukan semeriah mungkin tetapi juga tetap waspada karena kita berada di tengah-tengah suasana yang belum nyaman dalam keadaan Covid-19," kata Menko PMK Muhadjir Effendy. ***