EmitenNews.com - PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) mendapatkan peningkatan peringkat corporate family rating (CFR) dari Moody's Ratings.

Dalam pengumuman yang dirilis pada 8 Agustus 2024, Moody's menaikkan peringkat APLN dari Caa3 menjadi Caa1, serta merevisi prospek perusahaan menjadi stabil dari sebelumnya negatif.

Kenaikan peringkat ini mencerminkan dua faktor utama. Pertama, berkurangnya risiko pembiayaan kembali bagi APLN setelah perusahaan berhasil melunasi sisa obligasi sebesar USD 131,96 juta yang jatuh tempo pada 3 Juni 2024. 

Pembayaran tersebut dilakukan melalui anak perusahaan APL Realty Holdings Pte. Ltd., yang didanai oleh pinjaman sebesar Rp2,95 triliun dari Bank Danamon.

Kedua, peningkatan kinerja penjualan pemasaran juga berkontribusi pada kenaikan peringkat ini. Kenaikan peringkat ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi operasional dan keuangan perusahaan.

Senior Notes yang dilunasi tersebut awalnya diterbitkan oleh APL Realty pada 2 Juni 2017 dengan nilai pokok USD 300 juta dan kupon 5,95% per tahun, yang terdaftar dan diperdagangkan di Bursa Efek Singapura (SGX).

Dengan kenaikan peringkat ini, Agung Podomoro Land optimis dalam memperkuat kinerja dan meningkatkan kepercayaan investor di pasar.