EmitenNews.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan melakukan buyback saham atau pembelian kembali saham dengan menyiapkan dana sebesar Rp3,2 triliun atau sebanyak-banyaknya 10.264.665.616 lembar saham beredar atau setara dengan 0,85 persen dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan.

Manajemen GOTO dalam keterangan resmi Jumat (3/5) menyampaikan bahwa  aksi buyback akan dimulai pada tanggal 12 Juni 2024 hingga 11 Juni 2025 bila mendapat restu pemodal dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 11 Juni 2024 mendatang.

 

Buyback dilakukan dengan memakai dana dari kas internal. “Sumber dana itu bukan merupakan dana hasil penawaran umum dan bukan merupakan dana yang berasal dari pinjaman dan/atau utang dalam bentuk apa pun,” tegas manajemen GOTO.

Bila semua dana itu terpakai, maka saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 10 persen saham, termasuk saham treasuri perseroan.

 

Sebagai gambaran, GOTO mencatakan saldo kas sebesar Rp 23 triliun pada tanggal 31 Maret 2024, sehinga dirasa cukup untuk melakukan buyback.

Manajemen GOTO mengaku, rencana buyback ini agar perseroan dapat memiliki fleksibilitas dan opsi yang lebih baik dalam mengelola modal dan memaksimalkan imbal hasil (return) kepada pemegang saham.