EmitenNews.com - Para mudik tenanglah. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan infrastruktur arus mudik Lebaran 2022 siap digunakan guna menunjang perjalanan masyarakat ke kampung halaman. Jalan tol, dan nontol dipastikan aman untuk dilalui.


"Sudah dilaporkan mengenai kesiapan jalan tol dan nontol. Jalan tol ada 53 ruas beroperasi, 2.500 km kita operasikan. Sepanjang 1.670 km ada di Jawa, 700 km di Sumatera, 100 km di Kalimantan, 40 km di Sulawesi, 10 km ada di Bali," kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja dalam konferensi pers kesiapan arus mudik Lebaran 2022, di Jakarta, Selasa (26/4/2022).


Seluruh ruas jalan tol tersebut dalam kondisi siap dan dapat dioperasikan untuk arus mudik lebaran. Kementerian PUPR juga menyiapkan prasarana di tiap rest area tipe A sepanjang jalur mudik dengan menambahkan jumlah toilet portable sebanyak 100 unit. Rest area tipe A adalah area peristirahatan di jalur tol yang dilengkapi dengan SPBU, sementara rest area tipe B tidak terdapat SPBU.


"Rest area sudah ada 60 sampai 70 toilet existing, kita tambah 100 untuk tingkatkan kenyamanan guna menghindari antrean. Kita kehendaki di tiap rest area kendaraan bisa bertahan 30 sampai 40 menit kemudian bergiliran," kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja. ***