EmitenNews.com - Pemerintah akan menerapkan peta jalan dekarbonisasi industri semen pada 2025. Saat ini Kementerian Perindustrian tengah menyusun roadmap dekarbonisasi industri semen, yang bakal diterapkan tahun depan itu.

"Harapan kami roadmap ini bisa diselesaikan tahun 2024-2025, termasuk ketentuan atau pengaturan dalam peraturan menterinya diharapkan bisa diselesaikan tahun 2025, sehingga bisa diimplementasikan di tahun 2025-2050," kata Direktur Industri Semen, Keramik dan Pengolahan Bahan Galian Non-Logam Kemenperin Putu Nadi Astuti di Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Dalam peta jalan itu, Kemenperin akan mengatur secara terperinci teknis penurunan emisi karbon industri semen. Mulai dari target dekarbonisasi secara interval waktu, hingga rencana aksi guna mewujudkan net zero emissions (NZE).

Beberapa fokus strategi yang akan dimasukkan dalam peta jalan tersebut. Di antaranya, penurunan rasio klinker terhadap semen, peralihan ke bahan bakar alternatif, efisiensi energi, pengembangan teknologi inovatif, dan pengembangan kebijakan pemerintah yang dapat mendukung program NZE.

Satu hal, meski peta jalan itu baru akan diterapkan pada tahun depan, namun upaya penurunan emisi dari sektor semen sudah dilakukan oleh para pelaku industri. Antara lain, melakukan efisiensi energi dengan menggunakan energi biomassa, serta pemanfaatan teknologi yang membantu dekarbonisasi. ***