EmitenNews.com - Pemerintah optimistis target pembangunan jaringan gas (jargas) nasional sebanyak 300.000 Sambungan Rumah Tangga (SR) dapat tercapai pada akhir tahun 2022. Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) I Pahala Nugraha Mansury menilai realisasi pembangunan jaringan gas masih sesuai rencana hingga saat ini.


"Perkembangannya bagus. Rencananya sampai akhir tahun harapan kita 300 ribu sambungan jargas bisa dipasang," kata Pahala di Jakarta, Rabu (28/9).


Dengan tingginya jumlah pengguna kompor rumah tangga di Indonesia pembangunan jaringan gas oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan dilakukan bersama- sama dengan kompor induksi atau kompor listrik.


"Jadi apakah itu penggunaan liquefied petroleum gas (LPG), dimethyl ether (DME), kompor induksi, ataupun jaringan gas dari awal rencananya akan dilaksanakan secara bersama-sama," sambungnya.


Namun, dia menegaskan hingga saat ini pemerintah bersama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) masih melakukan evaluasi terkait program pengalihan kompor LPG 3 kilogram ke kompor induksi atau kompor listrik.


"Kalau dengan saat ini kita belum ada rencana untuk melanjutkan penggunaan kompor induksi (kompor listrik)," tandasnya.(fj)