EmitenNews.com -PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) atau Wintermar menyampaikan bahwa total pendapatan perseroan pada semester I 2023, naik 24,4% menjadi USD31juta.

 

Sebagian besar didorong oleh tarif sewa yang lebih tinggi dan tambahan armada yang mulai beroperasi. Untuk paruh pertama tahun 2023, kenaikan Pendapatan divisi Chartering sangat kecil di USD8,1juta dibandingkan dengan USD7,9 juta pada 1H2022.

 

Namun demikian karena marjin yang lebih rendah, Laba Kotor dari Divisi Chartering turun 26,5% YOY menjadi USD0,7 juta. Hal ini juga disebabkan karena Perseroan mengakuisisi satu kapal sewaan pada 2Q 2023 seiring dengan telah didapatkannya kontrak jangka Panjang atas kapal tersebut oleh Perseroan. Pendapatan Jasa Lainnya dan Laba Kotor meningkat secara signifikan masing masing menjadi US$3,8 juta (+47,2% YoY) dan US$1,6 juta (+40,7% YoY).

 

Alhasil, kinerja bisnis yang kuat menghasilkan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham sebesar USD1,1 juta untuk paruh pertama tahun 2023, dibandingkan dengan kerugian sebesar USD1,0 juta pada periode yang sama tahun 2022. EBITDA grup juga melonjak 64% YOY menjadi US$8,7 juta.

 

Wintermar memperkirakan penguatan kinerja sepanjang sisa tahun ini, yang didorong oleh keberhasilan memenangkan beberapa kontrak untuk kapal-kapal high-tier. Kontrak kontrak ini memiliki tarif sewa yang jauh lebih tinggi dari tarif kontrak sebelumnya, dengan perkiraan kontrak akan dimulai pada Q3 dan Q4 tahun 2023.

 

"Perkembangan positif ini sejalan dengan peningkatan keseluruhan dalam kondisi pasar OSV diikuti oleh peningkatan utilisasi OSV secara global dan peningkatan tarif sewa." tulis Manajemen WINS dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/7).

 

Sebagai informasi saja bahwa pada akhir Juni 2023, nilai Kontrak Perseroan yang telah dimiliki untuk dikerjakan adalah sebesar USD79 juta.