EmitenNews.com - Marilah para pengusaha besar, perkuat kemitraan dengan petani. Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta agar perusahaan-perusahaan kelapa sawit besar dapat memperkuat kemitraan dengan kalangan petani. Termasuk dalam program peremajaan sawit rakyat. Kemitraan kata kunci dalam industri sawit berkaitan dengan aspek persaingan usaha.

 

"Perkuat jalur kemitraan antara petani dengan perusahaan besar, termasuk pada program Peremajaan Sawit Rakyat. Kemitraan merupakan kata kunci dalam industri sawit, sekaligus elemen penting yang berkaitan dengan aspek persaingan usaha dan keberlanjutan industri ke depan," kata Wapres Ma’ruf Amin, di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (3/3/2023).

 

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan hal tersebut saat membuka Musyawarah Nasional ke-11 Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Tahun 2023. Acara itu dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ketua Umum GAPKI Joko Supriyono, dan pejabat terkait lainnya.

 

"Prinsip kemitraan yang didasari asas manfaat, berkelanjutan, dan saling menguntungkan harus terus dipromosikan. Kita tidak ingin produktivitas perkebunan saja yang meningkat, tetapi juga pendapatan dan kesejahteraan petani sawit rakyat," ujar Wapres Ma’ruf Amin. ***