EmitenNews.Com - Menjalankan salah satu perusahaan terbesar di dunia tidak menghentikan Jeff Bezos untuk tidur selama delapan jam. Meskipun pendiri Amazon mengatakan terkadang mendapatkan delapan jam tidak mungkin, namun dirinya sangat fokus pada hal itu.


“Saya pikir lebih baik. Saya memiliki lebih banyak energi. Suasana hati saya lebih baik, ” ucap Bezos dalam diskusi di Economic Club of Washington pada tahun 2018.


Delapan jam tidur Bezos

Bezos sangat kalkulatif tentang mengapa dirinya percaya delapan jam tidur adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas dan membuat keputusan berkualitas tinggi.

Melansir dari CNBC Make It, Bezos memberikan contoh yang sangat meyakinkan.


"Katakan saya tidur empat jam sehari. Saya akan mendapatkan empat tambahan yang disebut jam produktif. Jadi sebelumnya waktu yang saya punya katakanlah, 12 jam waktu produktif selama hari bangun, sekarang tiba-tiba saya punya 16 jam produktif,” ungkap Bezos.


Pria 57 tahun menjelaskan dirinya memiliki 33% lebih banyak waktu untuk membuat keputusan. Dengan kata lain, jika Bezos akan membuat 100 keputusan di hari itu, dirinya dapat membuat 33 lebih banyak lagi. “Tapi apakah itu benar-benar sepadan jika kualitas keputusan itu mungkin lebih rendah karena anda lelah atau kesal atau karena banyak hal? Mungkin tidak,” tuturnya.


Kualitas diatas kuantitas

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Annals of Neurology menemukan bahwa mempersingkat waktu tidur dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang lebih berisiko - dan kita mungkin tidak menyadari bahwa kita sedang melakukannya.


"Pertama kalinya studi ini memberikan bukti bahwa pemulihan tidur yang tidak memadai di area kortikal yang dibatasi menyebabkan perilaku menyimpang," kata penulis studi tersebut. "Mengapa saya perlu membuat 100 keputusan berkualitas rendah hari ini? Sementara Warren Buffett mengatakan dirinya membuat tiga keputusan bagus dalam setahun? Aku sangat percaya itu," terang Bezos.


Rutinitas harian Bezos

Apa yang memungkinkan delapan jam tidur? Bagi Bezos, jawabannya terletak pada rutinitas kesehariannya. “Saya suka bermain putter di pagi hari. Saya bangun dan pergi tidur lebih awal. Saya suka membaca koran. Saya suka minum kopi. Saya suka sarapan dengan anak-anak saya sebelum mereka pergi ke sekolah," ujar Bezos.


Bezos juga lebih suka melakukan "pertemuan dengan IQ tinggi" sebelum makan siang. “Apa pun yang benar-benar menantang mental adalah pertemuan pukul 10 pagi. Karena pada pukul 5 sore saya seperti, 'Saya tidak dapat memikirkan lebih banyak tentang masalah ini hari ini. Ayo coba lagi besok jam 10 pagi," jelasnya. (LW)