EmitenNews.com - PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) melakukan peningkatan modal di anak usahanya yakni PT Adi Sarana Transportasi (ASTA). Perseroan mengambil kebijakan dengan menyetor Rp20 miliar itu, untuk mempertahankan persentase kepemilikan saham ASSA di ASTA. Kini ASSA menguasai 99,99 persen saham ASTA.

Corporate Secretary ASSA, Jerry Fandy Tunjangan mengungkapkan hal tersebut dalam keterangan tertulisnya Jumat (5/7/2024).

Nilai dari transaksi peningkatan modal tersebut sebesar Rp20 miliar yang dilakukan oleh perseroan guna mempertahankan persentase kepemilikan saham ASSA di ASTA.

"Selain itu, dalam menjalankan usahanya, ASTA membutuhkan tambahan modal, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada perseroan," tuturnya.

Setelah peningkatan modal tersebut kini ASTA memiliki modal dasar sebesar Rp150 miliar dengan modal ditempatkan dan disetor Rp120 miliar.

Sementara itu ASSA memiliki sebesar 119.992 lembar saham ASTA, setara dengan 99,99% senilai Rp119,9 miliar. Sisanya, Prodjo Sunarjanto memiliki 8 lembar saham senilai Rp8 juta setara dengan 0,01%.

ASTA merupakan anak usaha langsung dari ASSA yang dimiliki dengan kepemilikan saham sebesar 99,99%. Di samping itu ada kesamaan manajemen; Tjoeng Suyanto sebagai Direktur ASSA, juga Direktur utama di ASTA sehingga merupakan transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK 42/2020. ***