EmitenNews.com - Merdeka Copper Gold (MDKA) menginjeksi modal entitas usaha USD175 juta. Pinjaman lunak itu, dipastikan membanjiri Merdeka Battery (MBMA). Pemberian pinjaman tersebut berlaku efektif sejak Kamis, 25 Mei 2023. 


Fasilitas itu ditambah dengan term SOFR, dan margin 4,60 persen per tahun. Setelah perjanjian efektif, Merdeka Battery, bisa menggunakan dana pembiayaan untuk keperluan korporasi umum. Termasuk dan tidak terbatas pada modal kerja, pengeluaran operasional, modal Merdeka Battery, dan untuk mendukung kegiatan usaha anak usaha Merdeka Battery. 


Dengan pelaksanaan transaksi itu, perseroan sebagai penyedia dana dapat memberi dukungan pendanaan untuk kepentingan korporasi umum Merdeka Battery. Di mana, dukungan modal itu, bisa diperoleh lebih singkat jika dibanding dengan peroleh pendanaan dengan institusi keuangan. 


Dengan begitu, transaksi lebih efisien dilakukan dengan perseroan sebagai induk usaha Merdeka Battery. Selanjutnya, transaksi diharap memberi dampak positif kepada perseroan sebagai induk usaha. Pada ujungnya nanti, pinjaman itu menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham perseroan secara tidak langsung. 


Selain itu, transaksi juga telah melalui penilaian dengan penggunaan prosedur internal dengan syarat, dan ketentuan yang sama apabila transaksi dilakukan dengan pihak tidak terafiliasi. Syarat dan ketentuan transaksi itu, dilakukan sesuai dengan praktik bisnis yang berlaku umum. Pendeknya, transaksi lebih efektif, dan efisien kalau dilakukan dengan pihak terafiliasi. (*)