EmitenNews.com - Di tengah tren peningkatan permintaan kelapa sawit, emiten baru PT Pulau Subur Tbk (PTPS) berencana membagikan dividen interim pada bulan ini, yang dananya bersumber dari laba bersih Tahun Buku 2023.

Menurut Presiden Direktur PTPS, Felix Safei, jajaran Direksi PTPS telah mengusulkan rencana pembagian dividen interim dan saat ini telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Komisaris. “Pembagian dividen interim tunai akan dilakukan pada Desember tahun ini, seiring pula dengan adanya peningkatan permintaan,” kata Felix di Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

Namun demikian, Felix belum bisa mempublikasikan besaran nilai dividen interim yang akan dibagikan. "Aksi korporasi berupa pembagian dividen ini sejalan dengan industri kelapa sawit yang sedang naik daun,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Kementerian Perdagangan telah menetapkan harga referensi komoditas minyak kelapa sawit mentah (CPO) untuk periode 1-15 Desember 2023 senilai USD795,14 per metrik ton. Ketetapan harga ini setara dengan peningkatan 5,94 persen dibanding periode 30 November 2023 yang senilai USD750,54 per metrik ton.

Felix menyampaikan, selama sembilan bulan pertama tahun ini PTPS berhasil membukukan laba bersih mencapai Rp21,8 miliar atau naik 3,8 persen (year-on-year). Secara historis, ungkap dia, kinerja penjualan dan laba PTPS berada dalam tren positif dan bertumbuh dalam 5 tahun terakhir ini.

Lebih lanjut dia menyebutkan, saat ini progres Pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) berkapasitas 10 ton per jam di Banyuasin, Sumatera Selatan sudah memasuki fase penyelesaian perizinan. Bahkan, jelas Felix, PTPS sedang terkonsentrasi memilih kontraktor atau vendor mesin untuk pabrik yang diperkirakan mulai beroperasi pada tahun depan.

Sedangkan merujuk pengumuman resmi PTPS pada laman BEI, perseroan dengan ini mengumumkan kepada para pemegang saham bahwa Perseroan akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) di WYNDHAM OPI Hotel, Room Orchid 1, Jl. Gubernur H. A Bastari , Jakabaring , Kabupaten Banyuasin, pada hari Sabtu, 30 Desember 2023 pukul 14.00 WIB.