EmitenNews.com - PT Falmaco Nonwoven Industri (FLMC), usaha bergerak bidang industri produk non-woven optimistis menyongsong kinerja 2022. Itu setelah mendapat banyak permintaan, dan kontrak dalam memproduksi tissue basah.


Falmaco Nonwoven Industri, pada penghujung 2021, telah mendapat perpanjangan kontrak dari Indomaret untuk melanjutkan produksi tissue basah bermerek. Selain permintaan tissue basah, Falmaco Nonwoven Industri juga banyak mendapat permintaan perlengkapan medis lain cukup menjanjikan tahun mendatang. 


Selain itu, Falmaco Nonwoven Industri juga mendapat permintaan untuk memproduksi tissue basah segmen private label. Yaitu, pesanan dari rekanan-rekanan lain dengan merek sendiri. Di samping memproduksi merek-merek milik rekanan seperti Indomaret, Falmaco Nonwoven Industri memiliki merek sendiri. Misalnya, produk tissue basah bermerek WetskinS.


Merek Falmaco Nonwoven Industri yaitu WetskinS sudah dipasarkan dalam waktu cukup panjang, dan memiliki ruang lingkup luas. ”Namun, dirasakan belum terlalu optimal dalam penyebaran untuk wilayah-wilayah kunci,” tutur Freddy Hanafi, Direktur Falmaco Nonwoven Industri, di Jakarta, Senin (20/12).


Nah, untuk meningkatkan kinerja tahun depan, selain mengerjakan permintaan produk private label untuk tissue basah dari eksisting rekanan, Falmaco Nonwoven Industri juga akan mengembangkan pemasaran dengan membuka kantor di Jakarta, kunci utama pasar Jabotabek. ”Selama ini, Falmaco Nonwoven Industri melayani pasar untuk merek sendiri ke area Jawa Barat (Jabar), itu dirasakan belum terlalu optimal,” imbuh Freddy.


Setelah melihat dan mengukur potensi pasar Jabotabek punya potensi sekitar tiga kali lipat dibanding Jabar, Falmaco Nonwoven Industri memproyeksi meningkatkan kinerja. Oleh karena itu, perhatian Jabodetabek diintesifkan lebih khusus.


Falmaco Nonwoven Industri juga mulai melirik potensi pasar lain seluruh Indonesia. Misalnya, potensi pasar luar Jawa. Wilayah sebaran pemasaran itu, juga akan diberi perhatian lebih secara saksama. ”Dengan begitu, akan meningkatkan cakupan penyebaran produk kami lebih luas lagi ke depan,” ulasnya.


Menyusul rencana pembukaan kantor pemasaran di Jakarta, Falmaco Nonwoven Industri optimistis tahun depan akan mendapatkan peningkatan kinerja secara signifikan. Itu karena selain produksi akan meningkat secara kapasitas produksi, wilayah cakupan penyebaran produk akan meningkat pula, sehingga produk produk private label akan mencakup sebaran lebih luas, dan merata. 


Optimisme untuk melakukan peningkatan output produksi dengan sebaran meningkat luas, membuat Falmaco Nonwoven Industri memandang tahun 2022 akan lebih berprospek, dan akan meningkatkan kinerja perseroan. Sejak berkiprah 1996, Falmaco Nonwoven Industri memproduksi tissue basah, perlengkapan medis seperti masker, alat pelindung diri, sarung tangan medis, keperluan medis lain, dan masih banyak produk berkaitan dengan non-woven. (*)