EmitenNews.com - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengaktifkan kembali sejumlah rute internasional yang sempat ditutup karena pandemi Covid-19. Salah satunya, ke Australia menuju kota Melbourne dan Sydney. Pembukaan rute lainnya, masih melihat perkembangan pasar yang ada, dan perhitungan profitnya.

 

"Kami masih ke negara yang sebelumnya ada, jadi cuma mengaktifkan kembali," kata Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia, Ade R Susardi pada pelaksanaan Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) 2023 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (18/7/2023).

 

Rute internasional itu misalnya negara Australia yang masih dilayani menuju kota Melbourne dan Sydney.

 

Sedangkan rute Perth yang sempat ditutup, kini kembali dilayani namun oleh anak usahanya, Citilink.

 

Lalu, rute lainnya yakni di Jepang, masih tetap dilayani untuk tujuan Tokyo. Kota lain seperti Osaka sudah ditutup.

 

"Kami tidak terbang ke Osaka sekarang tapi sekarang ini masih terbang di Tokyo," kata  Ade R Susardi.

 

Lainnya, rute ke China, sudah dibuka menuju kota Guangzhou. Sedangkan rute kota lainnya, seperti Shanghai dan Beijing masih belum rutin beroperasi.

 

"Untuk rute seperti China baru buka Guangzhou, Hong Kong. Shanghai belum rutin, Beijing juga belum, kami terbang harus profit," katanya. 

 

Pengaktifan kembali sejumlah rute itu mencermati permintaan yang mulai tumbuh seiring dibukanya kembali pembatasan di sejumlah negara setelah pandemi COVID-19.