EmitenNews.com - Ini upaya meringankan beban petani sawit kecil di Honduras, yang terdampak bencana alam badai Eta dan Iota pada 20 November 2020. Sebanyak tujuh produsen sawit Indonesia bersama Dewan Negara-negara Produsen Minyak Sawit (Council of Palm Oil Producing Countries/CPOPC) mengirimkan bantuan 102 ribu kecambah bibit kelapa sawit atau germinated seed (GS) untuk petani di Honduras.

 

Dalam keterangannya Selasa (21/3/2023), Sekretaris Jenderal CPOPC Rizal Affandi Lukman menyatakan bantuan tersebut diberikan sebagai upaya meringankan beban petani sawit kecil di Honduras dari bencana alam badai Eta dan Iota pada 20 November 2020.

 

Dengan bantuan benih sawit itu, diharapkan dapat membantu para petani sawit kecil di Honduras dalam membangun kembali kebun sawit mereka yang telah rusak. Setidaknya bantuan tersebut akan mencakup lahan petani sawit seluas 337 hektare dari 4.988 ha lahan sawit yang diperkirakan rusak.

 

Bantuan ini juga merupakan komitmen anggota CPOPC dalam upaya solidaritas bagi seluruh anggota CPOPC. Apalagi Honduras adalah anggota CPOPC ketiga setelah Indonesia dan Malaysia, dan secara resmi akan menjadi anggota penuh pada Mei 2023. ***