EmitenNews.com - Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menjadi bakal capres dan cawapres yang pertama mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum. Kamis (19/10/2023), mengendarai jip terbuka yang disopiri politikus NasDem Ahmad Sahroni, duet AMIN itu, diantar 20-an ribu pendukung dan simpatisan, yang memacetkan jalan. Akibatnya, mereka terlambat tiba di KPU, sesuai jadwal pukul 08.00 WIB.


Selain karena memacetkan jalan yang dilalui, Anies juga meminta maaf karena telah mengecewakan pihak-pihak yang pesimistis atas pencalonannya. Jika dimaknai, Anies seolah mengejek siapa pun yang disebut-sebut terus menghambat jalannya menuju pemilihan presiden 2024.

 

"Izinkan teman-teman semua hari ini kita kumpul di sini, mohon maaf karena kami telah mengecewakan, mohon maaf kami kecewakan mereka yang pesimis," kata Anies Baswedan, bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, di depan massa pendukungnya usai mendaftar ke KPU, Jakarta Pusat.

 

Anies Baswedan menyebutkan, banyak pihak pesimistis dirinya bisa melaju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024. Anies kembali memohon maaf mengecewakan mereka yang merasa dirinya akan 'kandas' sebelum bertarung di Pilpres 2024.

 

"Mereka yang katakan kapal ini tidak akan berlayar. Mereka yang gaungkan pesimisme kapal ini tidak akan berangkat. Mereka katakan ini kandas. Mohon maaf kami telah mengecewakan," kata dia.

 

Anies Baswedan didampingi Muhaimin Iskandar mengatakan pendaftaran mereka ke KPU, bersama Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berlangsung lancar. KPU pun menganggap status pendaftarannya telah memenuhi syarat, dan lanjut ke proses berikutnya. 

 

Selain itu, Anies Baswedan juga membantah anggapan parpol yang tergabung dalam Koalisi Perubahan tak solid. Ia menyinggung ada yang mengatakan NasDem akan berbalik arah hingga PKB akan batal dukung di akhir.

 

"Mengatakan PKS mundur di saat akhir. Hari ini seluruh Indonesia melihat kata-kata pikiran pesimis itu lenyap tak terbukti," kata Anies.

 

Berkas persyaratan pendaftaran Anies-Muhaimin yang diusung Partai NasDem, PKS, dan PKB, dinyatakan lengkap, dan lanjut ke proses verifikasi. Tim dokter juga sudah menjadwalkan pemeriksaan kesehatan mereka pada Sabtu (21/10/2023). Pasangan Anies-Muhaimin juga menjadi yang pertama menjalani tes kesehatan di RSPAD Jakarta. ***