EmitenNews.com - PT Hero Supermarket Tbk. (HERO) meraih fasilitas pinjaman dari MUFG BANK, Ltd Cabang Jakarta pada tanggal 27 September 2023. Pinjaman sebesar Rp400 miliar itu, akan dimanfaatkan sebagai ekuitas dalam anak usahanya yaitu PT. Rumah Mebel Nusantara (RUMAH).

 

Dalam keterangannya Senin  (2/10/2023), manajemen menuturkan dana ini akan digunakan untuk menyuntikkan dana sebesar Rp450 miliar ke RUMAH dalam rangka penerbitan 45.000.000 lembar saham baru. Masing-masing dengan nilai nominal Rp10.000 per saham, dengan nilai nominal keseluruhan Rp450 miliar yang akan diambil bagian seluruhnya oleh Perseroan.

 

RUMAH merupakan anak perusahaan terkendali yang dimiliki oleh Perseroan dengan total persentase kepemilikan sebesar 99,99% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor di RUMAH

 

Nilai transaksi ini setara dengan 37,47% terhadap ekuitas Perseroan berdasarkan laporan keuangan interim Perseroan terbaru untuk periode yang berakhir pada 30 Juni 2023 sehingga merupakan transaksi maerial sesuai regulasi OJK dalam POJK 17/2020.

 

Manajemen menyebutkan, transaksi ini merupakan Transaksi Afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK 42/2020 dan dikecualikan dari persyaratan untuk memperoleh persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham ("RUPS") dan untuk memperoleh pendapat kewajaran dari penilai independen mengingat.

 

Penyertaan modal ini akan memperkuat neraca keuangan RUMAH, yang pada akhirnya akan mendukung operasi bisnis dan pertumbuhan RUMAH di masa depan. Di saat yang sama, Perseroan memiliki kondisi keuangan yang memadai untuk mendukung sebagian besar penyertaan modal ke RUMAH melalui fasilitas pinjaman dari Bank. ***