EmitenNews.com - Kehadiran Titiek Soeharto di KPU, yang mengagendakan penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden-Wapres 2024-2029 terpilih, menjadi perhatian tersendiri. Putri Presiden ke-2 RI Soeharto itu, hanya tersipu saat ditanya apakah siap mendampingi Prabowo Subianto sebagai Ibu Negara.

Titiek Soeharto yang datang bersama Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo atau populer sebagai Didiet Hediprasetyo, anak semata wayangnya hasil pernikahan dengan Prabowo Subianto, hanya tersenyum ke arah wartawan yang menanyai kesiapannya, seraya memalingkan wajahnya. Ia kemudian memasuki mobil  Toyota Alphard Putih yang telah menunggunya.

Titiek Soeharto-Prabowo Subianto menjalin hubungan perkawinan, dan membuahkan seorang anak, Didiet Hediprasetyo. Sang anak belakangan kondang sebagai perancang busana tingkat dunia. Sayang rumah tangga mereka kandas, tidak lama setelah kejatuhan Presiden Soeharto, Mei 1998.

Meski tidak menjawab pertanyaan wartawan soal ibu negara itu, Titiek Soeharto sempat menyatakan rasa syukurnya atas terpilihnya Prabowo Subianto menjadi Presiden RI berdasarkan keputusan KPU tersebut.

"Terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia, terutama yang memilih Pak Prabowo dan Mas Gibran, mempercayakan beliau berdua untuk memimpin negeri ini," kata politikus Partai Gerindra yang terpilih sebagai anggota DPR RI 2024-2029 itu.

Kepada seluruh masyarakat, Titiek Soeharto berharap agar terus mendoakan Prabowo dalam menjalankan amanatnya untuk memimpin bangsa bersama dengan Gibran.

"Kita doakan semuanya, mudah-mudahan beliau bisa mengangkat bangsa ini dari kemiskinan, kebodohan, dan Indonesia menjadi negara yang maju, yang disegani oleh negara-negara tetangga," ucap Titiek Soeharto.

Meski sudah bercerai Prabowo-Titiek kerap tampil akrab dan hangat

Soal ibu negara itu, memang menjadi pertanyaan menarik saat Prabowo Subianto kelak memimpin Indonesia lima tahun ke depan. Pasalnya, meski sudah bercerai, Titiek dan Prabowo sering tampil akrab dan hangat, terutama dalam berbagai momen. Terutama berkaitan dengan Pilpres 2024. Menariknya, di tengah-tengah mereka, hampir selalu ada sang anak, Didiet, yang melengkapi kemesraan Prabowo-Titiek.

Belum lama ini, Prabowo Subianto ditemani sejumlah pengurus Partai Gerindra, hadir dalam perayaan HUT ke-65 Titiek Soeharto. Menariknya, saat mantan istrinya menyerahkan potongan pertama kue ulang tahun, Prabowo tidak langsung menerima. Ia meminta Titiek menyerahkannya lebih dahulu ke kakak sulungnya Siti Hardiyanti Rukmana, atau Mbak Tutut. 

Setelah itu, Prabowo Subianto menerima potongan kue kedua, yang diserahkan Titiek Soeharto kepadanya. Sambil tersenyum, menteri pertahanan itu, menerima kue pemberian mantannya, sambil mendaratkan ciuman mesra ke pipi Titiek, yang nampak sumringah, lalu disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Sebelum terpilih sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto pernah gagal 3 kali dalam kontestasi pilpres. Perama, sebagai cawapres di tahun 2009, berpasangan dengan capres Megawati Soekarnoputri. Lalu, sebagai capres pada tahun 2014 dan 2019. Ketiga-tiganya, gagal.

Dua yang terakhir, 2014 dan 2019, Prabowo takluk atas kemenangan Joko Widodo. Jokowi, kita tahu memimpin Indonesia dua periode, 2014-2019 dan 2019-2024. Pada periode terakhir pemerintahan Jokowi, Prabowo Subianto malah ikut bergabung sebagai Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju. 

Baru pada Pilpres 2024, Prabowo Subianto akhirnya memenangkan kontestasi. Berpasangan dengan Gibran, ia mengalahkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Kita puji syukur kehadirat Allah SWT, akhirnya Pak Prabowo bisa terpilih, pemilih juga kira-kira 96 juta rakyat Indonesia ya," ujar Titiek Soeharto, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). 

Titiek tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua rakyat Indonesia yang memilih Prabowo-Gibran. Menurut mantan politikus Partai Golkar itu, keterpilihan itu berarti  rakyat percaya kepada Prabowo-Gibran untuk memimpin negeri ini. 

"Mohon doanya dari seluruh rakyat Indonesia agar Pak Prabowo, pasangan ini diberi sehat, dan senantiasa diberi petunjuk oleh Yang Maha Kuasa dalam menjalankan tugas-tugasnya, menjalankan amanat yang berat ini," ucap Titiek Soeharto. ***