EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo berencana mengumpulkan investor potensial yang ingin menanamkan modalnya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur, usai Lebaran 2023. Untuk itu ia memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk menyiapkan rincian peta IKN.


"Tujuannya beliau akan segera mengumpulkan 'potential investor' yang ingin berinvestasi di IKN. Gunanya apa peta itu? Supaya beliau ditanya kalau ada investor yang mau membangun hotel, dimana itu lokasinya, ini berapa hektare ini, bikin rumah sakit ini, mau bikin universitas di situ, bikin lapangan golf di mana," ungkap Menteri PUPR di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/4).


Basuki menjelaskan bahwa pihaknya sudah merinci peruntukan lahan di IKN. Baik untuk hunian rumah, hunian vertikal, hutan kota, jalur hijau, komersial, olahraga, perkantoran pemerintah, pendidikan, peribadatan, fasilitas kesehatan, hingga taman.


Dengan rincian tersebut, investor potensial dapat memetakan letak fasilitas atau hunian yang akan mereka bangun. Kementerian PUPR juga sudah menempatkan letak pembangunan dari para investor yang sudah mengajukan komitmen melalui "Letter of Intent" (LOI).(*)