EmitenNews.com - PT Pyridam Farma Tbk (PYFA), menyampaikan bahwa  Probiotec Limited telah menandatangani fasilitas pinjaman dari The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited, Cabang Sydney, Australia pada tanggal 24 Juni 2024.

Manajemen PYFA dalam Keterbukaan Informasi yang disampaikan ke BEI Jumat (28/6) menjelaskan total fasilitas pinjaman tersebut senilai AUD75.500.000.

 

Probiotec adalah perusahaan terkendali dari Pyridam Farma Tbk (PYFA))  yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Pyfa Australia Pty Ltd.

Adapun atas Transaksi Fasilitas Pinjaman, berdasarkan Perjanjian Fasilitas dan General Security Deed tertanggal 25 Juni 2024. “Penjamin akan menjamin/memberikan jaminan atas kewajiban pembayaran Debitur berdasarkan Perjanjian Fasilitas untuk kepentingan Bank Pemberian Jaminan”, tulis manajemen.



Transaksi merupakan transaksi material karena pelaksanaan transaksi di atas memiliki nilai lebih dari 20% (dua puluh persen) dari ekuitas Perseroan berdasarkan Laporan Keuangan Konsolidasian dari PYFA untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023 yang telah diaudit, yaitu sebesar 231,46%, jelas manajemen.

Selanjutnya, Transaksi Pemberian Pinjaman merupakan transaksi afiliasi karena dilakukan antara Penjamin untuk menjamin kewajiban pembayaran Debitur yang seluruhnya merupakan Perusahaan Terkendali Perseroan yang dimiliki paling sedikit 99% dari masing-masing modal disetor perusahaan tersebut. 

 

Probiotec adalah perusahaan terkendali dari Perseroan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Pyfa Australia Pty Ltd1

Fasilitas Pinjaman dimaksudkan untuk  membiayai kembali pembayaran hutang finansial Probiotec, membiayai kembali rental bonds yang masih berjalan yang diterbitkan oleh Probiotec dan untuk tujuan operasional dan perdagangan, untuk modal kerja grup Probiotec dan anak usahanya.

Transaksi tidak diwajibkan untuk mendapatkan pendapat kewajaran dari penilai dan terlebih dahulu memperoleh persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham dikarenakan Transaksi merupakan transaksi pinjaman diterima secara langsung dari bank, transaksi pemberian jaminan kepada bank atas pinjaman yang diterima oleh Perusahaan Terkendali, dan transaksi yang dilakukan antara sesama Perusahaan Terkendali.


Tidak terdapat dampak material dari kejadian, informasi, atau fakta material terhadap kondisi keuangan Perseroan, kecuali adanya kewajiban pembayaran bunga dan pokok pinjaman berdasarkan Perjanjian Fasilitas, papar manajemen.

Perlu diketahui  PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) melalui PYFA Australia Pty. Ltd, mengakuisisi 100 persen saham Probiotec Limited, perusahaan farmasi asal Australia dengan nilai sekitar AUD 252 juta atau Rp 2,75 triliun.

Penyelesaian transaksi ini dilakukan pada 18 Juni 2024 di Australia melalui proses Scheme of Arrangement.

Probiotec Limited merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar asal Australia dalam bidang manufaktur dan pengemasan yang bermitra dengan pemain besar global seperti Johnson & Johnson, Pfizer, iNova, Blackmores, dan lainnya untuk berbagai produk obat dan produk kesehatan konsumen lainnya.