EmitenNews.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima langsung penghargaan Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2022, disaksikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, di Jakarta, Rabu (12/10/2022). Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan Kementerian Perhubungan meraih peringkat terbaik pertama Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Investasi/BKPM.


Penghargaan ini merupakan hasil penilaian terhadap kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah, terhadap upaya percepatan pelaksanaan berusaha (PPB) bagi pelaku usaha nasional maupun asing untuk berinvestasi di Indonesia.


Dalam arahannya, Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, investasi dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional di tengah situasi global yang saat ini penuh ketidakpastian. Mulai dari adanya pandemi Covid-19, situasi geopolitik yang memanas (perang Rusia-Ukraina), dan sejumlah krisis, baik pangan, energi, serta keuangan, yang menyebabkan ketidakstabilan harga dan memicu inflasi.


Wapres meminta kepada para menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah untuk segera menuntaskan berbagai masalah kelembagaan dan regulasi yang menghambat investasi. Serta, memastikan investasi dapat dinikmati seluruh wilayah untuk mencapai kemakmuran bersama.


"Selamat kepada para pemenang penghargaan. Semoga bisa menjadi inspirasi serta acuan K/L dan pemda lain untuk lekas berbenah memberikan layanan investasi yang terbaik," ujar Wapres.


Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yakni: Presiden dan Wapres yang telah memberikan arahan dan dorongan, serta kepada Menteri Investasi yang konsisten dalam upaya mendorong kemudahan berinvestasi di Indonesia.


"Saya juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kemenhub yang telah mengubah pola pikir sehingga perizinan menjadi lebih cepat dan memberi kepastian bagi para pelaku usaha yang ingin berinvestasi," tutur Menhub Budi Karya Sumadi. ***