EmitenNews.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya melengkapi berbagai kebutuhan serta fasilitas bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan bertugas di Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satunya dengan membangun outlet PT Pos Indonesia (Persero) pertama di Rusun ASN 1 IKN.


Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, menjelaskan bahwa penyediaan outlet Pos itu ditujukan untuk mempermudah proses pengiriman barang atau logistik barang-barang para ASN dari daerah asal ke IKN.


"ASN yang akan pindah tugas ke IKN tidak perlu bingung mengirim barang-barang karena kami, Kementerian PUPR, bersama PT Pos Indonesia telah bekerja sama untuk menyediakan outlet atau kantor di Rusun ASN 1 yang telah dibangun di IKN," ujar Iwan dalam keterangan persnya (19/8).


Iwan menambahkan bahwa kebutuhan pengiriman barang atau logistik para ASN tentunya menjadi hal penting yang perlu disiapkan sejak dini. Oleh karena itu, keberadaan PT Pos Indonesia di IKN akan sangat membantu para ASN yang kemungkinan besar juga akan membawa sejumlah barang pribadi saat pindah tugas.


"Saat ini, untuk hunian ASN di IKN sudah dibangun sejumlah Rusun lengkap dengan meubelair seperti tempat tidur, kasur, lemari, meja makan, dan kursi. Namun, tentu ada barang-barang pribadi lain yang akan dibawa ke sini, dan semua itu bisa dipaketkan melalui PT. Pos Indonesia," sebut Iwan.


Sebagai informasi, saat ini PT Pos Indonesia telah membuka kantor pelayanan pengiriman dan penerimaan barang di Rusun ASN 1 dan sudah mulai beroperasi dengan baik. PT. Pos Indonesia juga telah meluncurkan KCP Nusantara dan Green Logistics PosIND di IKN pada hari Senin (19/8/2024).


EVP Regional 6 PT Pos Indonesia, Hany Sartana, menerangkan bahwa pihaknya sangat mendukung pembangunan IKN sebagai salah satu upaya pemerintah mendorong Indonesia menjadi negara maju. Selain itu, PT. Pos Indonesia juga terus berupaya melakukan berbagai inovasi dalam pengiriman barang ke IKN sehingga jalur ekspedisi dapat terlaksana dengan baik.


Peluncuran KCP Nusantara dan Layanan Green Logistics PosIND ini juga merupakan upaya PT. Pos Indonesia dalam mendukung kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan menuju IKN, serta memberikan pelayanan kepada para ASN dan kementerian/lembaga. Selain itu, ini sejalan dengan ekosistem green dan liveable di IKN.


"PT. Pos Indonesia juga berkolaborasi dengan PT. Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) untuk menghadirkan kendaraan green logistik sehingga sejalan dengan konsep pembangunan IKN sebagai green city," ujar Hany.(*)