Pada babak kedua ini, nyaris jarang ada peluang bagus yang diciptakan kedua tim. Upaya pelatih Shin Tae-yong untuk mengejar ketertinggalan, dijalankan dengan memasukkan Witan Sulaeman dan Rizky Ridho. Sayang, tidak membuahkan hasil.



Pada menit ke-81, Mitchell Duke berhasil lolos dari kawalan Elkan Baggott. Untungnya, andalan Australia itu, tidak mampu melakukan penyelesaian akhir. Padahal, ia hanya  tinggal berhadapan dengan Ernando Ari setelah tendangannya melambung.



Baru pada menit ke-89, Australia akhirnya menambah keunggulan, lewat gol Craig Goodwin. Itu berawal dari sundulan Irvine yang sukses diblok Ernando Ari, Goodwin yang tidak terkawal berhasil melepaskan tendangan, dan melahirkan gol. Gawang Indonesia kebobolan, 0-3.



Saat injury time babak kedbaru ua berjalan satu menit, Australia kembali menciptakan gol. Gawang Indonesia kebobolan untuk kali keempat melalui sundulan Harry Souttar, yang menerima umpan tendangan bebas Goodwin. Skor 0-4 untuk Australia akhirnya bertahan hingga laga usai.

 

Setelah lolos ke babak perempat final Piala Asia 2023, nantinya, Jumat (2/2/2024), Australia akan menghadapi pemenang antara Arab Saudi vs Korea Selatan. ***

 

Susunan pemain

Australia: Mathew Ryan; Kyle Rwles, Jordan Bos (Nathaniel Atkinson, 87'), Harry Souttar, Gethin Jones (Conor Metcalfe, 69'), Aziz Behich; Riley McGree (Nathaniel Atkinson, 61'), Keanu Baccus (Craig Goodwin, 87'), Jackson Irvine; Martin Boyle, Bruno Fornaroli (Mitchell Duke, 61').

 

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi (PG); Asnawi Mangkualam (Witan Sulaeman, 57'), Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggott, Shayne Pattynama; Yakob Sayuri (Rizky Ridho, 75'), Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan; Rafael Struick.