EmitenNews.com - Emiten otomotif kembali meramaikan Bursa Efek Indonesia (BEI). pada hari ini, Senin (20/12) BEI akan mencatatkan saham perdana emiten anyar PT Dharma Polimetal Tbk dengan kode saham DRMA, sebagai Perusahaan Tercatat ke-54 di BEI pada tahun 2021 yang akan mengisi papan utama perdagangan.


PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) resmi tercatat pada Bursa Efek Indonesia pada hari ini dan telah berhasil meraih dana sekitar Rp350 miliar. Dalam IPO tersebut, DRMA mematok harga penawaran umum perdana (IPO) saham senilai Rp500 per saham. DRMA menawarkan 705.882.300 lembar saham atau 15% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan kepada investor publik. Dari dana tersebut, Perseroan berencana untuk terus melakukan ekspansi dan meningkatkan kapasitas pabrik. 


Listing perdana saham Dharma Polimetal (DRMA) disambut oleh para investor. Hal ini terlihat dari pergerakan saham di mana DRMA langsung fluktuatif, dimana pada pembukaan sempat naik 10 persen ke 550 dari harga perdananya 500. Namun selang beberapa menit kemudian saham DRMA terpantau terkoreksi 0,80 persen atau turun 4 poin ke level 496 dengan volume 31,15 juta, nilai transaksi mencapai Rp16,27 miliar dan frekuensi 2.555 kali.


Irianto Santoso Direktur Utama DRMA, mengungkapkan bahwa langkah Perseroan untuk melakukan IPO di tahun ini merupakan bagian dari upaya untuk menjadi Perusahaan Manufaktur komponen kelas dunia yang transparan, accountable dan bertanggung jawab kepada seluruh investor, masyarakat dan seluruh stakeholders.


Sungguh merupakan suatu pencapaian besar dan bersejarah bagi kami untuk bisa menjadi perusahaan publik di akhir tahun 2021 ini. Momen ini membawa Dharma Polimetal Tbk ke babak baru dalam industri komponen otomotif di Indonesia. Dengan struktur permodalan yang kuat yang didukung oleh pemegang saham publik serta grup Triputra, DRMA akan siap menjadi salah satu Perusahaan manufaktur kelas dunia yang dapat diandalkan di Indonesia,” tutup Irianto


PT Dharma Polimetal Tbk sebagai Holding Company Dharma Group, yang berdiri sejak tahun 1989, bergerak di bidang usaha komponen otomotif untuk sepeda motor dan mobil. Dharma Group telah menjadi bagian dari mata rantai pasokan otomotif terintegrasi dengan produk-produk suku cadang dan komponen yang inovatif dan berkualitas sesuai dengan standar pabrikan kelas dunia.


Sebagai salah satu anak perusahaan dari Triputra Group, Perusahaan mempunyai latar belakang manajemen yang berpengalaman di industri otomotif nasional. PT Dharma Polimetal Tbk telah berkembang menjadi sebuah perusahaan induk dari Grup Dharma yang mengedepankan pertumbuhan yang berkelanjutan dengan menjadikan teknologi sebagai keunggulan operasionalnya. 


Dengan motto Excellence Through People and Process Dharma Group mempunyai pelanggan yang bereputasi baik dari merek-merek terkenal di dunia serta berkelanjutan dengan hubungan jangka panjang. 


Ke depan, Dharma Group siap untuk menjadi bagian dari kebangkitan sektor otomotif termasuk dalam menyambut era revolusi industri 4.0 dengan menerapkan digitalisasi di rantai proses bisnisnya, dan pengembangan dan produksi komponen dan parts kendaraan listrik di Tanah Air sebagai perwujudan Exist to Contribute kepada Bangsa.